Logo Eventkampus

Manfaat Temulawak

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Temulawak

Sejak dulu, temulawak dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak kasiat bagi kesehatan. 

Di Indonesia, temulawak merupakan rempah-rempah yang sangat populer. Beragam manfaat bagi kesehatan terkandung dalam temulawak, terlebih bagian akar dan batangnya. Tak heran, apabila temulawak sering direkomendasikan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.


Berikut 7 manfaat temulawak bagi kesehatan.


1. Meningkatkan daya tubuh.

Temulawak sering kali digunakan sebagai bahan untuk membuat obat-obatan tradisional seperti jamu. Kandungan temulawak berupa vitamin dan mineral bermanfaat bagi peningkatan daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.


2. Mengatasi peradangan.

Temulawak memiliki kandungan berupa kurkumin dan minyak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi. Maksudnya, kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya peradangan di tubuh. Bagi para penderita peradangan sendiri, temulawak sangat direkomendasikan, sebab dapat meredakan rasa sakit pada sendi.

Ekstrak temulawak memiliki khasiat yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, temulawak dikupas dan direbus menggunakan air lalu diminum setelah dingin.


3. Meningkatkan nafsu makan.

Temulawak juga memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan, terlebih pada anak-anak. Oleh karena itu, orangtua dapat memberikan temulawak sebagai obat penambah nafsu makan anak. Senyawa kurkumin pada temulawak mampu mengosongkan lambung sehingga anak akan merasa lebih cepat lapar.

Agar anak mau mengonsumsi temulawak, orangtua harus mengolah tanaman ini dalam bentuk yang menarik. Temulawak dapat dijadikan minuman hangat dengan merebusnya menggunakan asam jawa dan gula merah. Setelah selesai, cairan itu disaring dan dikonsumsi untuk anak-anak.


4. Menjaga fungsi hati.

Temulawak juga memiliki khasiat yang baik untuk organ hati. Kandungan kurkumin bermanfaat mencegah sel-sel hari berlemak. Oleh sebab itu, temulawak dapat dijadikan obat tradisional bagi para pengidap penyakit hati.

Selain kurkumin, bagian bawah batang temulawak juga memiliki khasiat sebagai analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat mengobati penyakit hati. Temulawak dapat dikonsumsi untuk menghambat proses perkembangan penyakit hepatitis.


5. Mengatasi maag.

Penyakit maaf dapat diatasi dengan temulawak yang mengandung kukurmin, monoterpen, dan sekuiterpen. Penyakit perut tersebut dapat disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi temulawak secara teratur.

Caranya, temulawak diracik dengan diiris tipis-tipis lalu direbus menggunakan air. Setelah mendidik, diamkan sampai dingin dan setelah itu minum air secara teratur.


6. Menurunkan kolesterol.

Kurmunin dalam temulawak juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Kurkumin diyakini dapat menurunkan lemak darah, serta memiliki efek baik bagi kesehatan jantung.


7. Mencegah tumbuhnya jerawat.

Temulawak memiliki sifat astringen yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Sifat ini mampu mengecilkan pori-pori kulit, sehingga tidak langsung akan menghambat munculnya jerawat pada permukaan kulit.

Efek antiinflamasi yang dimiliki temulawak juga dapat meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Untuk hasil terbaik, temulawak dapat digunakan sebagai masker wajah alami yang digunakan secara rutin.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

MANFAAT CITRUS AURANTIUM DAN CARA ALAMI MENCEGAH BATU GINJAL
04 Juli 2018
Ini 5 manfaat mengejutkan cuka apel untuk kecantikan
26 Juli 2018
7 Manfaat Rambut Jagung yang Jarang Diketahui
16 Januari 2020
Manfaat Kersen atau Talok
24 Januari 2020
Manfaat Jeruk Purut
03 Februari 2020
Waspadai rokok elektrik dan sejenisnya
27 Februari 2020

Komentar