Logo Eventkampus

Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Jika ingin ginjal sehat, kita biasanya disarankan untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Hanya saja, ternyata ada beberapa jenis makanan yang  juga bisa memberikan pengaruh bagi kesehatan ginjal, lho. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?Makanan yang Bisa Membuat Ginjal Sehat

Mengingat fungsi ginjal sangatlah penting bagi tubuh kita, sebaiknya kita menjaga gaya hidup sehat demi memastikan organ ini mampu menjalankan tugasnya dengan lancar. Salah satu cara untuk menjaga organ ini adalah mengan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa membuat ginjal tetap sehat.

1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal luas sebagai salah satu bumbu yang paling sering kita gunakan saat memasak. Tak hanya membuat rasa dan aroma masakan menjadi lebih nikmat, kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi ginjal.

Salah satu senyawa di dalam bawang putih, yakni quercetin yang termasuk dalam sejenis flavonoid bisa memberikan efek layaknya antioksidan yang bisa melawan peradangan, iritasi, dan paparan buruk radikal bebas. Kandungan ini juga bisa memberikan perlindungan bagi ginjal.

Selain itu, kandungan ini juga bisa membuat fungsi ginjal dalam menyaring darah akan semakin membaik. Tubuh pun akan tetap sehat dan bugar jika kita rutin mengonsumsinya.

2. Kacang Merah

Kacang merah sering dijadikan camilan, saus, atau dijadikan isian bagi roti. Rasanya yang manis disukai oleh banyak orang. Tak disangka, rutin makan kacang merah juga bisa memberikan perlindungan bagi ginjal kita, lho. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa kacang merah bisa dijadikan makanan untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal.

Beberapa jenis makanan dari kacang merah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah sup kacang merah atau es kacang merah yang enak dan menyegarkan.

3. Kayu Manis

Salah satu bumbu yang sering digunakan untuk memasak ini ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi ginjal lho. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mengendalikan kadar gula darah atau glukosa. Tak hanya berimbas pada menurunnya risiko terkena diabetes, hal ini juga bisa berimbas pada menurunnya risiko terkna masalah pada ginjal.

Banyak orang yang menggunakan kayu manis sebagai pengganti gula saat mengonsumsi minuman seperti teh. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen meskipun tentu saja sebaiknya sesuai dengan saran dari dokter.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Cara Memanfaatkan Waktu Luang Secara Efektif
03 Juli 2017
Miliki Kulit Sehat dengan Konsumsi Vitamin C dan E
13 Juli 2018
13 Manfaat Petai bagi Kesehatan Tubuh, Atasi Stres, Obati Sembelit, hingga Redakan Mabuk.
02 Januari 2020
Manfaat Pare
23 Januari 2020
Bahaya Kopi Jika dikonsumsi Setiap Hari
29 Januari 2020
Cara mengatasi jerawat
24 Februari 2020

Komentar