Logo Eventkampus

7 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
7 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kecipir merupakan salah satu jenis sayuran merambat yang banyak ditemui di berbagai negara tropis. Hampir semua bagiannya bisa dikonsumsi, mulai dari buah, biji, umbi, hingga daunnya.

Di Indonesia sendiri, kecipir biasanya diambil bagian buahnya untuk dihidangkan sebagai sayur. Daunnya juga kerap direbus dan dimasak sebagai lalap, urap, atau campuran pecel.

Ternyata, sayuran yang juga kerap dikenal dengan nama winged beans ini punya segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Kandungan nutrisinya mampu meningkatkan kinerja organ tubuh dan melindungi kulit.

tujuh manfaat kecipir untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah penuaan dini

Kecipir kaya akan vitamin C dan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kedua vitamin ini dapat mencegah kerusakan sel pada kulit dan membantu pembentukan kolagen.

Keduanya bisa mencegah gejala penuaan dini pada kulit seperti munculnya kerutan dan garis halus.

2. Menjaga elastisitas kulit

Kadar antioksidannya yang tinggi membuat kecipir sangat berguna dalam melindungi kesehatan kulit.

Tak cuma memudarkan keriput dan garis halus, vitamin C di dalamnya juga akan meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu, kulit akan tetap elastis dan mencegahnya kendur.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan kandungan vitamin C dan A yang tinggi, kecipir dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C tersebut berperan sebagai tameng, melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

4. Mencegah anemia

Berdasarkan penelitian pada tahun 2017 yang dipublikasikan dalam Journal of nutritional science and vitaminology, konsumsi sayuran kecipir dapat melancarkan peredaran darah. Tekanan darah pun jadi stabil. Selain itu, kecipir juga dapat mencegah anemia bila dikonsumsi secara rutin.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Sebuah penelitian berjudul Underutilized vegetable crops and their importance menemukan, kandungan thiamin dalam kecipir dapat mencegah berbagai masalah yang berkaitan dengan penglihatan --misalnya glaukoma dan katarak.

Senyawa tersebut mampu meningkatkan sinyal otot dan saraf, yang sangat penting dalam hubungan antara mata dan otak.

6. Mencegah konstipasi

Memiliki kandungan serat yang tinggi, mengonsumsi kecipir bisa menurunkan berat badan. Ia juga berperan penting dalam melancarkan pencernaan.

Serat tersebut akan mendorong keluar 'limbah perut' berlebih dan mengurangi rasa kembung, sehingga mencegah terjadinya sembelit.

7. Meredakan asma

Kecipir kaya akan magnensium yang bisa menenangkan otot pernapasan. Sehingga, pernapasan pun jadi lebih lancar dan teratur. Oleh karena itu, konsumsi sayuran ini secara rutin sangat dianjurkan bagi penderita asma kronik.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Cara Memanfaatkan Waktu Luang Secara Efektif
03 Juli 2017
Miliki Kulit Sehat dengan Konsumsi Vitamin C dan E
13 Juli 2018
13 Manfaat Petai bagi Kesehatan Tubuh, Atasi Stres, Obati Sembelit, hingga Redakan Mabuk.
02 Januari 2020
Manfaat Pare
23 Januari 2020
Suka Buah Salak? Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatan, Baik untuk Daya Ingat hingga Jantung
28 Januari 2020
Cara mengatasi jerawat
24 Februari 2020

Komentar