Logo Eventkampus

Manfaat Singkong bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Singkong bagi Kesehatan

Singkong memiliki nama latin manihot esculenta adalah tanaman jenis umbi akar atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata memiliki garis ditengah sekitar 2 sampai 3 cm dan panjang 50 sampai 80 cm, tergantung dari jenis varietas singkong yang dibudidayakan.

Tanaman singkong adalah salah satu tumbuhan yang cukup mudah untuk dibudidayakan dan mempunyai banyak manfaat. Selain bagian umbi batangnya, pada bagian daun juga dapat digunakan untuk dimakan sebagai lauk pauk. Selain itu, banyak juga yang menggunakan tumbuhan singkong ini sebagai bahan konsumsi pengganti makanan pokok karena dilihat bahwa tumbuhan singkong ini banyak memngandung karbohidrat. Banyak manusia menggunakan ubi kayu sebagai bahan dasar olahan makanan seperti makanan tiwul, getuk, atau juga bolu singkong. Dalam bidang industri dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tepung tapioka. Berikut ini akan membahas manfaat dari singkong.

1.    Menyehatkan Mata

Singkong rebus memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Nutrisi ini baik untuk kesehatan mata. Konsumsi singkong dapat mencegah timbulnya masalah mata seperti pengelihatan buram atau penglihatan yang buruk.

2.    Meningkatkan Sistem Imun

Folat dan vitamin C, keduanya banyak terdapat dalam daun singkong, sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyingkirkan virus dan bakteri. Folat membantu dalam produksi sel-sel dalam tubuh berjalan normal dan mencegah mutasi DNA.

3.    Memperbaiki dan Melindungi Jaringan Tubuh

singkong mengandung banyak protein yang berperan penting dalam melindungi dan memperbaiki jaingan tubuh. Tak hanya singkongnya saja, namun daunya pun mengandung banyak protein seperti lisin, isoleusin, leusin, valin dan arginin yang tidak umum ditemukan pada tumbuhan berdaun hijau. Sementara itu memang hampir semua singkong mengandung asam amino yang dapat dibandingkan dengan telur dan kedelai yang dikenal sebagai sumber protein yang tinggi.

4.    Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga jantung tetap sehat menjadi salah satu keutamaan setiap orang, pasalnya jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Nah agar jantung tetap sehat kalian bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dengan cara rutin melakukan olahraga serta makan-makanan yang bergizi dan berserat tinggi. Salah satu makan yang dapat menjaga jantung tetap sehat adalah singkong atau ketela pohon. Singkong memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat mengontrol kadar kolesterol sehingga kalian akan terhindar dari berbagai penyakit.

5.    Menjaga Kesehatan Pencernaan

Singkong mengandung banyak serat yang sulit larut, sehingga mampu menyerap racun dalam sistem pencernaan lebih banyak, dan membuangnya saat BAB (Buang Air Besar).

6.    Mencegah Kanker

Kandungan vitamin B17 yang ada di daun singkong ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu mampu mencegah kanker. Lebih tepatnya mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan nutrisi ini juga baik untuk menjaga kesehatan sel darah merah.

7.    Menurunkan Tekanan Darah

Singkong sangat tinggi serat yang juga berperan dalam penurunan tekanan darah. Selain itu, singkong juga merupakan sumber kalium yang cukup besar. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan natrium sangat penting untuk mengurangi risiko tekanan darah dan penyakit kardiovaskular.

8.    Meningkatkan Fungsi Otak

Mengonsumsi umbi singkong atau tepung singkong secara rutin dapat meningkatkan kemampuan otak, karena singkong mampu menambah energi bagi tubuh dan otak.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Bahaya AC untuk Kesehatan Tubuh
10 Juli 2018
Cara Alami Menyembuhkan Mata Minus Dengan Cepat dan Mudah
10 Agustus 2018
Bahaya Konsumsi Durian Berlebihan
17 Januari 2020
Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan
27 Januari 2020
Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan
24 Februari 2020
Manfaat Alang-alang yang Dijandikan sebagai Obat
12 Maret 2020

Komentar