Logo Eventkampus

Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

Ubi jalar (Ipomoea batatas) atau dalam bahasa Inggrisnya sweet potato adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Ubi jalar adalah sumber makanan yang tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kemudahan untuk memperolehnya membuat masyarakat suka menyantap makanan berbahan ubi ini. Meski terkenal sebagai bahan karbohidrat, ada berbagai manfaat ubi jalar yang mungkin belum diketahui. Berikut ini adalah manfaat ubi Jalar bagi kesehatan.

1.    Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dalam ubi jalar tidak hanya berfungsi untuk memberikan warna oranye pada ubi jalar, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Saat dikonsumsi, beta-karoten dalam ubi jalar akan diubah menjadi vitamin A.

2.    Meningkatkan Sistem Imun

Ubi jalar memiliki serat, mineral, dan vitamin yang tinggi. Selain kandungan nutrisi yang tinggi, manfaat ubi jalar lainnya adalah kaya akan antioksidan untuk menanggulangi radikal bebas yang dapat menimbulkan peradangan dan merusak DNA.

3.    Mencegah Kanker

Menurut seorang ahli nutrisi di San Diego, Laura Flores, ubi jalar berwarna oranye terbukti mengandung anti-karsinogenik. Ubi jalar juga mengandung beta-karoten untuk mengurangi risiko kanker payudara pada wanita pramenopause dan kanker ovarium pada wanita pascamenopause.

4.    Mencegah Penyakit Asma

Berdasarkan sejumlah penelitian ubi jalar mampu mencegah risiko penyakit paru-paru dan asma. Kandungan vitamin C, besi, serta nutrisi lainnya dalam ubi jalar juga terbilang efektif membantu mengatasi penyakit bronkitis.

5.    Mengatur Kadar Kolesterol

Serat yang terdapat pada ubi jalar dapat memenuhi AKG tubuh kamu hingga 33 persen. Serat ubi jalar adalah jenis karbohidrat yang sudah terbukti menurunkan kolesterol dalam darah. Jadi, buat kamu yang mempunyai problem kelebihan kolestrol berlebih, dapat mengkonsumsi ubi jalar ungu sebagai terapi.

6.    Mencegah Peradangan

Ubi jalar memiliki efek anti-inflamasi atau anti peradangan. Didukung dengan kandungan vitamin C, magnesium dan beta karoten, ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan internal dan eksternal.

7.    Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat pada ubi jalar juga terbilang tinggi. Lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang. Meski kandungan seratnya cukup tinggi, ubi jalar tergolong sumber makanan yang mudah dicerna. Vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalium, dan kalsium pada ubi jalar sangat efektif dalam membantu meredakan radang lambung.

8.    Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Kandungan kalori terutama berasal dari kanji, karbohidrat kompleks. Kandungan kanji hanya meningkatkan kadar gula darah secara perlahan-lahan. Selain itu ubi jalar ungu dianggap mengandung indeks glikemik yang rendah, oleh karena itu direkomendasikan sebagai suplemen makanan sehat untuk penderita diabetes.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

4 Tanaman Herbal Hebat Cegah Kanker
27 Juli 2018
6 Manfaat Bunga Telang Yang Baik Untuk Kesehatan
11 Februari 2020
Jarang Diketahui Inilah Manfaat Daun Singalawang ( Anamu )
19 Februari 2020
Manfaat Singkong bagi Kesehatan
24 Februari 2020
Manfaat Alang-alang yang Dijandikan sebagai Obat
12 Maret 2020

Komentar