Logo Eventkampus

Jarang Diketahui Inilah Manfaat Daun Singalawang ( Anamu )

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Jarang Diketahui Inilah Manfaat Daun Singalawang ( Anamu )

Daun singalawang berasal dari hutan Amazon, anamu atau daun singawalang dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya digunakan sebagai tanaman herbal.

Tanaman singawalang juga bisa diolah menjadi beberapa bentuk, seperti teh, kapsul, dan ekstrak. Tapi ketahui dulu manfaat tanaman singawalang. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui manfaatnya.

1.     Dapat Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman singawalang adalah membantu mengurangi rasa sakit. Singawalang memiliki manfaat anti-peradangan yang  berkhasiat untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.  Ekstrak anamu membantu menghambat peradangan saluran napas, mengatur sitokin, kemokin, dan meningkatkan fungsi paru pada tikus tersebut.

2.     Dapat Membantu Mengurangi Bahaya Radikal Bebas

Manfaat yang dapat kamu peroleh dari tanaman singawalang adalah membantu mengurangi bahaya radikal bebas. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa antioksidan dalam anamu cukup tinggi. Senyawa antioksidan berperan penting dalam menetralisir senyawa berbahaya yang dihasilkan dari radikal bebas.  Jika bahaya radikal bebas dibiarkan, tentu dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kerusakan sel pada tubuh yang sehat, menjadi sumber penyebab masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, hingga Alzheimer.

3.     Dapat Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, anamu ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi otak.  Ekstrak singawalang yang diberikan pada tikus membantu meningkatkan memori jangka panjang. Bahkan, risiko terhadap penyakit Alzheimer pun turut berkurang.

4.     Dapat Berpotensi Memiliki Senyawa Antikanker

Singawalang berpotensi memiliki senyawa antikanker. Fakta bahwa ekstrak singawalang membantu mengaktifkan apoptosis, yaitu kematian sel yang sudah terprogram, dalam sel kanker tertentu. Kondisi ini bisa terjadi secara alami ketika sel yang lebih tua mati dan digantikan oleh sel yang lebih baru. Jika sel kanker menyerang tubuh, pergantian sel tersebut akan terganggu dan bisa membuat sel kanker bertahan serta berlipat ganda tanpa diperiksa.

Singawalang memang menawarkan segudang manfaat ya yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, kamu juga perlu ingat untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kamu sebelum menggunakan singawalang secara rutin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Khasiat dan manfaat buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi
13 Juli 2018
Manfaat Singkong bagi Kesehatan
24 Februari 2020
Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan
24 Februari 2020
Gejala penyakit liver yang perlu diketahui dan diwaspadai
27 Februari 2020
Banyak tugas di kantor, cepat membuat Anda menjadi stres... Mau tau apa sih cara menghilangkan stress karena banyak tugas di kantor? Oke berikut ini ada beberapa cara menghilangkan stress..
03 Maret 2020
Manfaat Alang-alang yang Dijandikan sebagai Obat
12 Maret 2020

Komentar