Logo Eventkampus

Ini 5 Manfaat Baik Bergosip Untuk Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Ini 5 Manfaat Baik Bergosip Untuk Kesehatan

Gosip, baik positif maupun negatif tampaknya sudah lekat dengan kehidupan banyak individu. Meski banyak menganggap bergosip jadi kegiatan yang negatif, namun sebenarnya bergosip miliki manfaat bagi kesehatan psikologis kita. Dan berikut beberapa manfaat bergosip  di antaranya seperti :

1.     Mampu Memperkuat Jaringan Pertemanan

Bergosip juga bermanfaat secara sosial karena bisa menciptakan ikatan dengan orang lain.  Saat bergosip, secara tidak langsung jiwa menjadi lebih sehat karena bebas berdiskusi, berbicara dan tertawa, juga membantu mengatasi pikiran sempit. Sesuai dengan penelitian, bergosip membantu menyingkirkan penderitaan mental.

2.     Mengetahui Apa Yang Tak Boleh Dilakukan

Bergosip rupanya membuat orang mengetahui apa yang tak boleh dilakukan dalam pertemanan.

3.     Menjadikan Orang Lebih Baik Dari Sebelumnya

Salah satu cara membangun hubungan pertemanan yang baik ialah dengan keterbukaan. Mengungkapkan kemarahan, kekecewaan atas apa yang dilakukan teman justru bisa membuat mereka menjadi orang yang lebih baik karena mereka tahu apa yang mereka lakukan itu salah.

4.     Mampu Melepas Stres

Bergosip dapat melepas stres, meski hanya dalam 'dosis' yang tak seberapa. Kuncinya ialah orang sebaiknya bercerita pada teman yang bisa mereka percaya. Akan tetapi, bergosip hanya akan semakin membuat frustasi kala terus-terusan membicarakan orang yang sama. Namun sebaiknya obrolan diarahkan agar lebih konstruktif.

5.     Mampu Menyadari Kekuatan Dan Kelemahan Diri

Manfaat bergosip yang tak kalah penting adalah menciptakan kesadaran terhadap diri sendiri. Ketika mengkritik orang lain, kamu sering jadi bercermin, kemudian memperbaiki kesalahan sendiri. Ini memiliki dampak positif pada tubuh dan jiwa seseorang.

Namun ingat, bergosip hanya bisa memberikan manfaat bila kamu memang memiliki niat baik, yaitu untuk meluapkan perasaan (curhat) dan mencari solusi agar orang lain yang dibicarakan bisa mengatasi masalahnya. Bila tujuan kamu bergosip hanya untuk mengolok-olok orang lain, maka manfaat bergosip yang disebutkan di atas tidak akan kamu rasakan. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Khasiat dan manfaat buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi
13 Juli 2018
Bahaya mengonsumsi daun ganja
26 Februari 2020
Manfaat tomat
27 Februari 2020
Manfaat buah apel
27 Februari 2020
Gejala penyakit liver yang perlu diketahui dan diwaspadai
27 Februari 2020
Banyak tugas di kantor, cepat membuat Anda menjadi stres... Mau tau apa sih cara menghilangkan stress karena banyak tugas di kantor? Oke berikut ini ada beberapa cara menghilangkan stress..
03 Maret 2020

Komentar