Logo Eventkampus

Tips Mengatasi Kram Kaki Dengan Mudah Dan Tanpa Obat

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Mengatasi Kram Kaki Dengan Mudah Dan Tanpa Obat

Siapa nih yang pernah mengalami kram kaki ? Pastinya hampir semua orang mengalami kram kaki ya. Kram biasanya menyerang otot betis atau otot paha, tapi bisa juga di sekujur kaki. Memang, sih, nyeri akibat kram bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, untuk menghemat waktu dan mempercepat pemulihan, kamu bisa mengatasi kram kaki sendiri secara alami, lho. Dan berikut ini beberapa tips mengatasi kram kaki.

1.     Kenakan Sepatu Yang Nyaman

Sepatu yang terlalu ketat atau sepatu hak yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kekakuan otot, yang berujung pada kram kaki.

2.     Banyaklah Minum Air Putih

Begitu kram kaki menyerang, segera perbanyak minum air putih. Kondisi dehidrasi dapat membuat otot-otot kaki kekurangan oksigen sehingga memicu kram. Cara ini memang tidak langsung membuat kaki kram kamu mereda. Namun, ini setidaknya dapat membantu mengurangi nyeri dan membuat kamu lebih nyaman.

3.     Lakukanlah Peregangan

Segera hentikan segala aktivitas yang membuat kaki kamu kram. Lakukan peregangan ringan untuk membantu meredakan sensasi kram di kaki. Luruskan kaki dan tarik jari-jari kaki ke arah lutut untuk meregangkan otot betis. Kamu juga bisa berjalan jinjit atau memijat otot-otot kaki setelah selesai melakukan peregangan dan kram mereda.

4.     Konsumsilah Makanan Dengan Sumber Magnesium

Saat kamu mengalami kram kaki, bisa jadi kamu kekurangan asupan elektrolit berupa magnesium. Makanan sumber magnesium seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu menjaga kekuatan dan kelenturan otot kamu.

5.     Kompreslah Dengan Hangat

Suhu panas dapat membantu meredakan kaki kram. Kamu bisa memanfaatkannya dengan merendam kaki ke air hangat, mengompres handuk yang dicelupkan ke air hangat, atau menempelkan bantal pemanas ke bagian kaki yang kram. Atur suhu panas dan tingkatkan secara perlahan jika kaki masih terasa kram. Lama-lama, sensasi kram pada kaki kamu akan berkurang.

6.     Dengan Berolahraga Jalan Kaki

Saat kaki terasa kram, Berjalanlah kaki karena dengan cara itu dapat membantu meringankan kram kaki, lho. Dengan berjalan, tubuh justru akan mengirimkan sinyal ke otot-otot kaki yang tegang supaya rileks sejenak. Cukup berjalan kaki pelan-pelan sampai nyerinya berkurang.

Nah, itulah beberapa tips mudah untuk mengatasi kram kaki ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Macam Macam cara Merawat Rambut
12 Juli 2018
Macam Macam olahan singkong
12 Juli 2018
Tips Pola Hidup Sehat
15 Januari 2020
Cara Pencegah Virus Corona
24 Januari 2020
Jarang Diketahui Inilah Manfaat Daun Singalawang ( Anamu )
19 Februari 2020
Wajib Tahu! Beginilah Cara Sehat Mengkonsumsi Mi Instant
27 Februari 2020

Komentar