Logo Eventkampus

Jarang Yang Tahu, Teryata Gula Merah Memiliki 5 Manfaat Untuk Kesehatan! No. 1 Luar Biasa!

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Jarang Yang Tahu, Teryata Gula Merah Memiliki 5 Manfaat Untuk Kesehatan! No. 1 Luar Biasa!

Jarang Yang Tahu, Teryata Gula Merah Memiliki 5 Manfaat Untuk Kesehatan! No. 1 Luar Biasa!

Gula jawa yang dikenal masyarakat umum dengan sebutan gula merah karena memang memiliki warna merah agak kecoklatan. Gula jawa memiliki tekstur yang padat dengan warna merah kecokelatan, gula merah terbuat dari nira pohon kelapa atau aren yang diolah secara tradisional.

Selain rasanya yang manis serta kegunaannya sebagai bumbu makanan, gula jawa juga dapat memiliki berbagai jenis kandungan yang dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam gula jawa diantaranya antara lain garam mineral, thiamine, riblovlavin, nicotine acid, ascorbic acid, protein, vitamin C dan Selenium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari Philippine Food and Nutrition Research Institute, menemukan gula kelapa merah atau gula jawa memiliki indeks glikemik rendah sebesar 35. Jadi akan berdampak lebih besar pada meningkatnya gula darah Anda.

Manfaat Gula merah untuk kesehatan lainya, sebagai berikut ;

1.Mencegah Anemia

Gula merah merupakan sumber zat besi yang baik, gula merah sangatlah dipercaya dapat menangani permasalahan kurang darah maupun anemia. Konsumsi gula merah 1 gr setiap hari dapat mengatasi masalah anemia.

2. Mencegah Asma

Sifat anti alergi yang ada pada gula merah jadi salah satu dasar mengapa gula tradisional ini disebutkan dapat menghindar bahkan juga mengobati penyakit asma.

3. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Sebagian nutrisi yang terdapat pada gula merah sangatlah diakui dapat menangani serta menghindar munculnya jerawat di wajah ataupun tubuh.

4. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Supaya nyeri lebih cepat reda, Anda dapat bikin ramuan dari gula merah serta kunyit. Parut kunyit 2 rimpang, peras serta campur dengan satu gelas air. Masak air berbarengan 20 gr gula merah sampai mendidih. Tunggulah pati kunyit mengendap lantas minum ramuan kunyit ini.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk mempunyai sistem pencernaan yang sehat, coba ubah gula pasir pada minuman sehari-hari Anda dengan gula merah. Cara ini akan membantu Anda dapatkan sistem pencernaan yang sehat dan terawat.

Semoga Bermanfaat.

Penulis

foto Cahyo Bagus Putro Pratomo
Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

Kelebihan Handphone Jadul
12 Juli 2018
Macam Macam cara Merawat Rambut
12 Juli 2018
Tips Meningkatkan Percaya Diri
10 Januari 2020
Tips Pola Hidup Sehat
15 Januari 2020
5 Kebiasaan Ini Ternyata Tidak Baik
26 Februari 2020
Wajib Tahu! Beginilah Cara Sehat Mengkonsumsi Mi Instant
27 Februari 2020

Komentar