Logo Eventkampus

Cara Meredakan Pilek

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Meredakan Pilek

Pilek adalah kondisi yang terjadi pada seseorang saat pengidapnya mengeluhkan adanya hidung tersumbat maupun berair. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh infeksi atau alergi, dan bisa mengganggu aktivitas pengidapnya sehari-hari. Jika terjadi pada anak-anak atau balita, tentu akan membuat mereka rewel. Sedangkan jika dialami orang dewasa, maka hidung tersumbat akan menurunkan ketajaman indera penciuman. Berikut ini beberapa cara mengatasi pilek.

1.    Mengonsumsi Madu

Madu mengandung sifat antimikroba yang bisa membantu sistem imunitas tubuh lebih efisien melawan peradangan akibat pilek. Cukup minum madu murni sebanyak satu sendok makan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

2.    Banyak Minum Minuman Hangat

Minuman hangat akan membuat lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga cairan bisa keluar. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, Anda bisa memvariasikan dengan teh hangat, jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

3.    Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan, larutan air garam dapat membantu mencairkan lendir yang menempel di hidung dan tenggorokan.

4.    Berendam di Air Hangat

Biasanya, batuk dan pilek makin menjadi-jadi saat udara kering. Karena itu, kamu bisa mandi atau berendam air hangat untuk mengurasi batuk dan pilekmu. Selain berendam air hangat, kamu pun bisa menggunakan alternatif lain dengan humidifer atau pelembap ruangan.

5.    Tidur Secukupnya

Untuk menuntaskan perlawanan terhadap pilek , maka istirahatlah dengan cukup. Cara menghilangkan flu dalam sehari bisa dilakukan dengan cara merebahkan tubuh dan tidur dengan nyenyak agar sistem kekebalan tubuh semakin kuat.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Menerima Kekurangan dan Memaafkan Kesalahan
15 Juli 2017
Tips Kuliah Untuk Kamu yang Resmi jadi Mahasiswa Baru
26 Juli 2018
Tips Menghemat Data Internet
28 Februari 2020
Tips Mengatasi Mabuk Perjalan
09 Maret 2020
Tips Mengatasi Flasdisk yang Terendam Air
09 Maret 2020
Cara Mengusir Kecoa Dengan Bahan Alami
10 Maret 2020

Komentar