Logo Eventkampus

Tips Mengatasi Flasdisk yang Terendam Air

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Mengatasi Flasdisk yang Terendam Air

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Karena bentuknya yang kecil, flashdisk sering disimpan di kantong, maka sering juga kita lupa kalau di dalam kantong tersebut masih ada flash disknya. Terkadang, baju atau celana tersebut langsung direndam untuk di cuci. Berikut adalah hal-hal dasar yang harus dilakukan ketika flashdisk terkena air.

1.    Jangan Langsung Mencolokan Flashdisk ke Komputer ketika Masih Basah

Air adalah zat yang mudah menghantar aliran listrik. Dalam keadaan menyala flashdisk yang masih basah bisa menyebabkan korsleting arus listrik. sebaiknya lakukan hal seperti mengeringkan terlebih dahulu flashdisk tersebut sampai benar-benar kering.

2.    Buka Casing Penutup

Kemungkinan air masuk kedalam flashdisik, bukalah casing untuk mengeringkan flashdisk. Bisa menggunakan pengering rambut, panas lampu neon, dan dijemur dibawah matahari.

3.    Keringkan Flashdisk

Mengeringkan flashdisk bisa menggunakan pengering rambut, panas lampu neon, dan dijemur dibawah matahari. Waktu penjemuran jangan terlalu lama, karena dikhawatirkan akan merusak IC dari flashdisk tersebut,

4.    Tutup Kembali Casing

Jika sudah benar-benar kering, pasang kembali casing flashdisk. Lalu coba flashdisk ke computer. Apabila flashdisk tidak terbaca itu artinya ada komponen yang benar-benar sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi.

 

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Tips Kuliah Untuk Kamu yang Resmi jadi Mahasiswa Baru
26 Juli 2018
Cara Merawat Bunga Mawar agar Berbunga Lebat
30 Januari 2020
Tips Menghemat Data Internet
28 Februari 2020
Cara Meredakan Pilek
28 Februari 2020
Tips Mengatasi Mabuk Perjalan
09 Maret 2020
Cara Mengusir Kecoa Dengan Bahan Alami
10 Maret 2020

Komentar