Logo Eventkampus

Tips Menghemat Data Internet

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Menghemat Data Internet

jaman sekarang internet sudah menjadi hal yang sangat penting dan krusial. Akses untuk berselancar di dunia maya pun dapat dikatakan sebagai kebutuhan semua orang. Beragam kemudahan pun ditawarkan melalui jaringan internet, mulai dari hiburan, berbagai foto dan video, informasi serta berbelanja pun dapat dilakukan pada ponsel yang Anda miliki. Akan tetapi semakin banyak yang Anda akses melalui ponsel, tentu saja akan semakin banyak stok data ataupun kuota yang dibutuhkan. Nah, berikut ini adalah tips menghemat data internet Anda.

1.    Matikan Koneksi Internet saat tidak Dibutuhkan

Cara menghemat kuota yang cukup efektif adalah Anda hanya perlu menonaktifkan koneksi internet apabila Anda tak menggunakannya. Anda bisa menonaktifkan koneksi internet saat Anda sedang tertidur agar lebih berhemat.

2.    Batasi Penggunaan Data

Dengan membatasi penggunaan data, Anda akan menerima notifikasi jika penggunaan data sudah melebihi Batasan yang sudah Anda tetapkan.

3.    Nonaktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Ada banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone Anda yang membuat kuota internet Anda terambil secara langsung tanpa Anda sadari. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mematikan atau menon- aktifkan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang ada yang jarang digunakan. Caranya adalah dengan Anda bisa masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Dengan cara ini Anda akan mampu menghemat kuota data yang kamu miliki dengan baik.

4.    Nonaktifkan auto-download

Jika Anda menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka HP Anda akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, Anda bisa aktifkan opsi Wifi only.

5.    Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)

Data latar belakang adalah pemborosan data internet yang terjadi saat Anda tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, perbarui feed, widget cuaca, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda dapat mengatur di menu Pengaturan, lalu pilih Penggunaan Data, lalu pilih Batasi Data Latar Belakang.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Tips Kuliah Untuk Kamu yang Resmi jadi Mahasiswa Baru
26 Juli 2018
Tips dalam Menabung Uang supaya Bisa Cepat Terkumpul
30 Januari 2020
Cara Meredakan Pilek
28 Februari 2020
Tips Mengatasi Mabuk Perjalan
09 Maret 2020
Tips Mengatasi Flasdisk yang Terendam Air
09 Maret 2020
Cara Mengusir Kecoa Dengan Bahan Alami
10 Maret 2020

Komentar