Logo Eventkampus

Tips Kuliah Untuk Kamu yang Resmi jadi Mahasiswa Baru

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Kuliah Untuk Kamu yang Resmi jadi Mahasiswa Baru

Hai, selamat buat kamu yang resmi di terima di perguruan tinggi Negeri maupun Swasta impian kamu. Kali ini tim infokampus akan berikan beberapa tips kuliah untuk kamu yang resmi menjadi mahasiswa baru.

Pertama, Niatkan  tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Menetapkan tujuan dan memenuhinya benar-benar menjadi momentum kesuksesan. Memiliki tujuan akan memberi kita arah dalam kehidupan kuliah. Sebuah tujuan juga akan mendorong kita terus maju ketika kita ragu tentang apa yang akan kita alami.

Kedua, mengikuti jadwal belajar. Kuliah adalah tentang menguasai seni multitasking. Untuk melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu, kita perlu membuat jadwal kegiatan dan rencana belajar.

Ketiga, memanfaatkan dosen. Mahasiwa yang sukses tahu betul bagaimana cara mendulang ilmu sebanyak mungkin dari para dosen. Mereka mendatangi dosen pada saat jam  kerja dan berdiskusi tentang materi kuliah. Dengan melakukan hal ini, mahasiswa akan mendapat nilai lebih baik dalam ujian, lebih puas dengan kuliah dan merasa lebih terhubung dengan kampus dan para dosen.

Keempat, Menggunakan Teknik Belajar dan Mencatat, karena menguasai teknik belajar dan mencatat yang tepat memungkinkan kamu untuk belajar lebih baik dan efisien.

Kelima, Aktif di kegiatan ekstrakurikuler. Siapa bilang suskes di kampus berarti selalu mengahdapi setumpuk buku? Mahasiswa yang sukses juga aktif dalam berbagai kegiatan luar ruangan seperti di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Aktivitas ini justru meningkatkan kepuasan seseorang tentang pengalaman kuliah mereka.

Keenam, memanfaatkan sumber daya kampus seperti perpustakaan dan pusat karir kampus, serta triknya adalah memilih mata kuliah yang ebrvariasi baik dari beban SKS maupun tingkat kesulitannya.

Ketujuh Rajin kuliah dan aktif di kelas. Seperti halnya sekolah, mahasiswa yang sukses duduk di depan dan aktif dalam diskusi di kelas mereka bertanya dan memberikan pendapat. Karena pada nantinya ujian akan memberi presentase terbesar dalam nilai akhir. Maka mahasiswa sukses tahu betul bagaimana belajar dan  mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian.

Kedelapan, membuat kelompok belajar. Biasanya seseorang akan belajar lebih banyak ketika dia belajar bersama di sebuah kelompok kecil ketimbang belajar sendiri. Sesorang akan belajar lebih baik dengan mengajari orang lain karena materi yang kita ajarkan menjadi lebih kuat menancap di memori. Sebaliknya, kita juga bisa meminta saran dari teman tentang hal yang belum kita kuasai.

Penulis

foto Azka
Azka
SMK N 1 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Trik Makan Hemat Ketika Bokek
29 Maret 2018
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
12 Juli 2018
Macam Macam cara Merawat Rambut
12 Juli 2018
Macam Macam Trik unik di google
12 Juli 2018
Pengertian smadav
12 Juli 2018
Tips Menghemat Data Internet
28 Februari 2020

Komentar