Logo Eventkampus

Trik Makan Hemat Ketika Bokek

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Trik Makan Hemat Ketika Bokek

ika suka memilih makan siang ke restoran atau kafe, pasti Anda akan menghabiskan lebih banyak uang. Apalagi jika melakukan hal ini sebagai rutinitas harian pada istirahat siang, tentu akan membuat uang Anda berkurang secara signifikan.

Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi keuangan jika ternyata uang Anda sudah menipis ketika waktu gajian masih cukup lama. Untuk itu, cobalah untuk berhemat ketika makan siang, bahkan saat bokek dengan mengikuti trik di bawah ini seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Membawa Bekal dari Rumah

Anda bisa mencoba bereksperimen dalam hal memasak sebelum berangkat ke kantor. Walaupun terdengar sedikit lebih ribet karena dilakukan di pagi hari, hal ini bisa mendorong Anda untuk tidak lupa sarapan.

Memang alasan Anda memasak tersebut adalah berhemat. Namun, ternyata dengan memasak ini ternyata bisa mengasah kemampuan dalam memasak menjadi lebih baik dari sebelumnya dan tentunya lebih sehat karena Anda memasak sendiri makanan tersebut.

Selain itu, biasanya pada saat Anda makan siang di luar, porsi makanan tersebut tidak sesuai dengan porsi yang biasa dimakan. Bisa cenderung lebih banyak atau terlalu sedikit. Nah, kalau membawa bekal sendiri, tentu hal ini tidak akan menjadi mubazir dan pastinya Anda bisa mengatur pola makan dengan baik.

2. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan

Promo LBA atau Location Based Advertising adalah layanan promo melalui pengiriman SMS yang relevan pada jaringan seluler provider tertentu dengan teknologi pelacakan berbasis lokasi atau area tertentu sesuai dengan informasi keberadaan gadget Anda.

Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda untuk berhemat ketika Anda lagi bokek. Biasanya ketika Anda berada di lokasi tertentu, provider Anda akan mengirimkan SMS promo menarik beberapa restoran yang sedang menawarkan produk makanannya.

Ketika sudah mendapatkan SMS promo LBA tersebut, Anda bisa langsung mendatangi restoran tersebut lalu tinggal menunjukan SMS promo tersebut pada kasir yang kemudian akan ditindaklanjuti. 

Dengan begitu, Anda otomatis bisa berhemat untuk membeli makan siang dengan harga yang relatif lebih murah. (Baca Juga: Pinjam Uang lewat Pegadaian vs KTA, Manakah yang Punya Untung Ekonomis?)

3. Ajak Teman Sekantor untuk Bayar Bersama-Sama

Masih membahas soal promo LBA di atas, biasanya restoran-restoran yang mengirimkan SMS promonya tersebut bisa memunculkan ide cemerlang dalam otak Anda untuk berhemat dalam jumlah besar, yaitu dengan patungan dengan teman-teman sekantor.

Sebab dengan adanya harga promo tersebut, tentunya akan terhitung jauh lebih murah jika Anda membeli produk makanan tersebut dengan jumlah besar. Bisa juga restoran tersebut memberikan diskon semisal beli 2 gratis 1.

4. Sedia Mi Instan

Semua pasti tahu kalau harga mi instan sangatlah terjangkau. Karena itu, sebelum merasa uang Anda menipis, cobalah untuk berjaga-jaga dengan membeli mi instan entah untuk persedian di rumah ataupun di kantor.

Anda bisa memasak mi instan tersebut di rumah sebelum berangkat kerja atau bisa juga memasak di kantor. Pastinya hal ini sangat membantu Anda ketika sedang bokek. Namun, Anda juga jangan terlalu sering makan mi instan karena jika mengonsumsinya secara berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan.

5. Tak Ada Salahnya Terima Traktiran

Trik yang terakhir ini sudah pasti susah untuk ditolak karena siapa juga yang tidak ingin dapat traktiran? Jadi, ketika salah satu teman kantor Anda menawarkan traktiran karena sedang berulang tahun atau sedang mendapatkan rezeki lebih, cobalah untuk tidak menolak ajakan tersebut karena dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran makan siang.

Penulis

foto Isnan Wahyudi
Isnan Wahyudi
SMK Negeri 2 Karanganyar
Berusaha yang terbaik

Artikel Terkait

10 Cara Instan Meningkatkan Percaya Diri Dalam Hitungan Detik
10 Juli 2017
Mulut Anda Bau? Berikut Cara Mengatasi Secara Alami
19 Maret 2018
Tips Kuliah Untuk Kamu yang Resmi jadi Mahasiswa Baru
26 Juli 2018
Cara Membuat Jasuke
16 Januari 2020
Bingung Isi Data Sensus Penduduk 2020 Online? Ikuti Caranya
18 Februari 2020
Makanan Ini Dapat Membuat Jantung Anda Lebih Sehat
24 Februari 2020

Komentar