Logo Eventkampus

Cara Mengusir Lalat Dengan Bahan Alami

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Mengusir Lalat Dengan Bahan Alami


Lalat menjadi salah satu binatang yang kerap dibasmi oleh banyak orang. Hal ini lantaran keberadaan lalat dianggap sangat mengganggu karena berisiko menyebarkan penyakit. Kehadiran lalat bukan hanya menggangu, melainkan juga membahayakan kesehatan.

Lalat yang datang ke rumah dapat membawa kuman dan bakteri seperti salmonella, e-coli dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit maag serta sepsis atau keracunan pada darah. Ketika hewan tersebut masuk ke dalam rumah dan hinggap di makanan, tentu dampaknya sangat  berbahaya bagi kesehatan anggota keluarga. Belum lagi jika lalat yang hinggap bertelur.

Banyak orang yang berusaha membasmi dan mengusir binatang kecil tersebut. Beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mengusir lalat di rumah. Berikut adalah cara yang ampuh untuk mengusir lalat.

1.      Mengusir dengan Garam

Garam menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengusir lalat. Caranya dengan menaburkan garam di sekitar area yang ingin dihindari oleh lalat. Tak hanya menggunakan garam, banyak orang yang mencampurkan garam dengan kunyit bubuk untuk mengusir lalat.

2.      Menggunakan Lilin Sereh

Tumbuhan sereh memiliki aroma khas yang tajam. Aroma sereh yang khas terkenal ampuh mengusir nyamuk. Tak hanya nyamuk, ternyata aroma sereh pun tak disukai oleh lalat.

Cara mendapatkan aroma sereh dengan mudah yaitu dengan menggunakan lilin aromaterapi beraroma sereh. Lilin yang telah dibakar dapat diletakkan di beberapa sudut rumah yang kerap dihinggapi lalat.

3.      Menggunakan Kemangi

Lalat tak menyukai tumbuhan dengan bau yang tajam. Salah satu tumbuhan yang berbau tajam adalah kemangi. Kemangi memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang mampu menciptakan lingkungan rumah yang sehat.

Cara menggunakan kemangi untuk mengusir lalat yaitu dengan meletakan daun kemangi di area yang sering didatangi oleh lalat. Cara tersebut mampu mengurangi hingga mengusir populasi lalat di rumah.

4.      Jeruk Lemon dan Cengkih

Irisan jeruk dan cengkih dapat digunakan untuk mengusir lalat di rumah. Hal ini dikarenakan lalat tak menyukai aroma yang wangi.

Caranya dengan meletakkan cengkih kering di atas irisan jeruk lemon pada kerumunan lalat. Perpaduan aroma irisan jeruk dan cengkih dapat segera mengusir lalat dari rumah.

5.      Kantong Plastik Berisi Air

Bagi beberapa orang, mengusir lalat dengan kantong plastik berisi air mungkin jarang dilakukan. Lalat memiliki 3000-6000 mata pada setiap bulatan matanya

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk mendeteksi gerakan cahaya. Dengan menggantung kantong air berisi plastik, lalat pun akan menjadi bingung karena kantong akan memantulkan cahaya di seluruh tempat. Letakkan gantungan plastik berisi air di ruangan yang memiliki cahaya terang.

6.      Menggunakan Daun Pandan

Salah satu tumbuhan yang tak disukai lalat yaitu pandan. Daun pandan memiliki aroma wangi yang tak disukai oleh lalat. Tak hanya mengusir lalat, pandan pun terbukti ampuh dapat mengusir kecoa dari rumah.

Cara mengusir lalat dengan daun pandan yaitu dengan memotong daun pandan dan simpan dalam sebuah wadah. Kemudian letakkan wadah berisi potongan daun pandan tersebut di tempat-tempat yang sering didatangi oleh lalat.

7.      Potongan Timun

Potongan timun dapat digunakan untuk mengusir lalat. Lalat ternyata tak menyukai mentimun. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan menempatkan irisan timun di tempat yang sering didatangi lalat.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Cara agar Smartphone Awet dan Tahan Lama
12 Juli 2018
Cara Ambil Uang diATM Mandiri dan BCA
12 Juli 2018
Tips Menghilangkan Kulit Belang dengan Cepat
30 Desember 2019
6 Faedah Buah Salak Bagi Kesehatan, No.5 Sebaiknya Berpikir lagi, Jika Tidak Menyukainya!
25 Februari 2020
Cara Mengusir Kecoa Dengan Bahan Alami
10 Maret 2020
Wanna Learn English? This Is 3 Fun and Easy Ways To Learn English
22 Februari 2022

Komentar