Logo Eventkampus

Beragam Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Beragam Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

     Batuk merupakan cara alami tubuh untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan dari kuman, virus, serta polusi dan kotoran, seperti debu, asap rokok, atau lendir. Batuk-batuk juga sering dirasakan saat sedang flu, alergi, atau asma.

    Untuk mengobati keluhan batuk di malam hari, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Setelah penyebab batuk diketahui, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai untuk menangani penyebab tersebut.

  Selain dengan obat-obatan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan keluhan batuk yang mengganggu di malam hari, yaitu:


1. Mandi atau berendam dengan air hangat sebelum tidur

Saluran napas yang kering dapat membuat batuk di malam hari semakin parah. Mandi atau berendam air hangat sebelum tidur bisa membantu melembapkan saluran napas dan meringankan batuk.

Namun jika batuk yang Anda alami disebabkan oleh asma, jangan gunakan cara ini. Pasalnya, uap yang terhirup saat berendam atau mandi air hangat justru dapat memperburuk gejala asma.


2. Minum air atau minuman hangat sebelum tidur

Minum air putih sebelum tidur dapat membantu mengencerkan lendir di saluran napas dan meringankan batuk di malam hari. Selain air putih, minum teh hangat atau air lemon yang dicampur madu juga bisa jadi pilihan untuk meredakan batuk.


3. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Posisi berbaring bisa menyebabkan Anda lebih sering batuk. Untuk mengakalinya, cobalah untuk tidur dengan bantal yang lebih tinggi. Tidur dengan posisi seperti ini akan membantu mengalirkan lendir dari hidung dan tenggorokan.


4. Gunakan pelembap udara (humidifier) di kamar tidur

Pelembab udara dapat membantu meringankan batuk jika udara dalam kamar tidur Anda cenderung kering akibat penggunaan AC.

Pastikan untuk mengatur tingkat kelembapannya antara 40-50% saja, karena udara yang terlalu lembap dapat memicu berkembangnya tungau dan jamur yang justru bisa memperparah batuk.

Hal lain yang perlu Anda ingat adalah hindari tidur di bawah tiupan udara dari kipas angin atau AC secara langsung, untuk mencegah batuk semakin buruk.


5. Pastikan tempat tidur dan perlengkapan tidur Anda bersih

Ini adalah salah satu tips untuk membantu meringankan batuk di malam hari akibat alergi. Debu dan tungau adalah pemicu alergi yang paling umum. Jadi, pastikan tempat tidur dan perlengkapan tidur Anda dalam kondisi yang bersih.

Gantilah sprei, sarung bantal, sarung guling, dan selimut setiap minggu. Cucilah semua perlengkapan tidur tersebut dengan cara merendamnya lebih dulu dengan air panas. Setelah dicuci, jemur di bawah terik matahari hingga kering.


6. Minum obat batuk

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi obat batuk untuk meredakan batuk di malam hari. Konsumsilah obat batuk yang sesuai dengan jenis batuk Anda.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
12 Juli 2018
Kelebihan Handphone Jadul
12 Juli 2018
Beberapa Minuman Alami Untuk Meredakan Batuk
06 September 2019
Biar Kain Perca Ngga Terbuang Sia-sia, 5 Kreasi Tak Biasa Ini Bisa Kamu Coba
30 Desember 2019
Tips Meningkatkan Percaya Diri
10 Januari 2020
manfaat cengkeh bagi kesehatan
26 Februari 2020

Komentar