Logo Eventkampus

Khasiat dan manfaat buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Khasiat dan manfaat buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi

Khasiat dan manfaat buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi

 

Mengkudu yang memiliki nama latin Morinda citrifolia adalah tanaman dengan tubuh pohon yang tidak terlalu besar, dan biasanya hanya bisa mencapai ketinggian 3-8 meter. Tanaman ini sendiri telah sejak lama di kenal dapat mengatasi berbagai jenis penyakit terutama bagian buahnya.

Ciri khas dari buah mengkudu sendiri diantaranya memiliki bentuk berbuku-buku tidak teratur hingga bau khas seperti keju busuk, sehingga banyak orang enggan mengonsumsi buah ini. Saat buah masih muda, buah memiliki warna hijau yang mengkilat dan bintik-bintik hitam di seluruh buah. Namun jika sudah tua, buah ini akan berubah menjadi warna putih dan bintik-bintik hitam di sekitarnya, dengan tekstur buah yang sedikit lunak.

Namun jangan salah, di dalambuah menkudu sendiri kaya akan berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang sangat mendukung kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral, protein, zat-zat mikro seperti xeronine, proxeronine, steroid alami, alizarin, sodium, asam kaprilat, asam kaproat, alizarin, lysin dan asam kaprat. Di dalamnya juga terkandung senyawa scopoletin, yang bersifat sebagai antibakteri dan juga antiinflamasi.

Adapun untuk hipertensi sendiri, kandungan antiinflamasi inilah yang di yakini mampu menurunkan tekanan darah. Karena pada dasarnya tekanan darahtinggi sendiri di peroleh dari adanya penyempitan pada pembuluh darah. Nah, buah mengkudu ini memberikan efek pelebaran pembuluh darah sehingga tekanan yang ada pada dinding-dinding pembuluh darah menjadi berkurang dan sebagai efeknya tekanan darah pun menjadi menurun.

Cara mengolah buah mengkudu untuk di jadikan obat anti-hipertensi

Bagi anda yang ingin mengolah buah mengkudu ini untuk mengobati penyakit hipertensi, sebaiknya anda mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan buah mengkudu yang sudah matang dan juga mentimun yang telah di cuci bersih.
  • Kemudian anda bisa langsung menumbuk kedua bahan tersebut hingga bertekstur halus. Anda juga bisa mengupas terlebih dahulu kulitnya sebelum menumbuknya.
  • Setelah itu saring dan perat hingga kandungan airnya keluar. Dan masukan sari-sarinya ke dalam gelas.
  • Tambahkan air dan gula ke dalamnya untuk menyamarkan rasa.
  • Untuk hasil yang maksimal, konsumsi ramuan alami hipertensi ini secara teratur 2 kali sehari untuk hasil yang lebih cepat.

Selain untuk hipertensi, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan lainnyapun begitu melimpah. Diantaranya dapat meredakan sakit kepala, melancarkan pencernaan, antiinflamasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menurunkan kolesterol, mencegah kanker, mengobati asam urat, mengobati diabetes, radang kulit, bronkitis, peradangan usus, sakit gigi, penyakit gondok, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, meski manfaat buah mengkudu begitu melimpah ruah, sebaiknya buah mengkudu tidak di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan, terutama untuk pengobatan. Hal tersebut di khawatirkan malah menciptakan efek kurang baik bagi kesehatan anda. Dan sebagai peringatan khusus, buah mengkudu juga sebaiknya tidak di konsumsi oleh ibu hamil, menyusui dan penderita liver, akibat alasan medis tertentu

 

Penulis

foto Putriyah safaah
Putriyah safaah
SMK N MATESIH

Artikel Terkait

Ini 5 Manfaat Baik Bergosip Untuk Kesehatan
13 Februari 2020
Jarang Diketahui Inilah Manfaat Daun Singalawang ( Anamu )
19 Februari 2020
Manfaat tomat
27 Februari 2020
Manfaat buah apel
27 Februari 2020
Gejala penyakit liver yang perlu diketahui dan diwaspadai
27 Februari 2020
Banyak tugas di kantor, cepat membuat Anda menjadi stres... Mau tau apa sih cara menghilangkan stress karena banyak tugas di kantor? Oke berikut ini ada beberapa cara menghilangkan stress..
03 Maret 2020

Komentar