Logo Eventkampus

Manfaat Alang-alang yang Dijandikan sebagai Obat

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Alang-alang yang Dijandikan sebagai Obat

Alang-alang adalah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Alang-alang sering dianggap sebagai tumbuhan pengganggu, karena tumbuhan ini menyebar dengan akarnya yang menjalar dan dapat menyerang serta mengganggu ekosistem sekitarnya.walupun menjadi tumbuhan penggangu, ternyata Alang-alang juga dimanfaatkan sebagai obat. Berikut ini adalah manfaat Alang-alang untuk kesehatan.

1.    Menjaga Kesehatan Jantung

Akar alang-alang diketahui mengandung imperanene dan graminone B. Zat ini berfungsi untuk menghambat pembekuan sel darah dan mencegah penyempitan pembuluh aorta dalam jantung. Minum rebusan alang-alang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2.    Obat Diare

Akar alang-alang memiliki kandungan yang dapat membantu untuk mengatasi penyakit di dalam perut salah satunya adalah untuk mengobati diare. Cara membuat ramuan ini adalah dengan menyiapkan beberapa akar alang-alang kemudian rebuslah akar alang-alang tersebut hingga mendidih. Langkah selanjutnya adalah mengkonsumsi rebusan akar ilalang secara rutin dan teratur.

3.    Mengobati kencing batu

Akar alang-alang memiliki kandungan yang bersifat diuretik dan peluruh kemih sehingga ampuh menyingkirkan endapan kalsium yang terdapat dalam kandung kemih. Minum herbal ini juga efektif melancarkan buang air kecil..

4.    Mengobati kencing berdarah

Kencing darah biasanya disebabkan karena terjadi pendarahan pada dalam tubuh seseorang. Akar alang-alang ampuh untuk mengatasi masalah kencing darah. Cara membuat ramuan ini adalah dengan menyiapkan akar alang-alang yang sudah kering lalu rebuslah Akar alang-alang tersebut menggunakan 2 gelas air, selanjutnya tambahkanlah 3 irisan tangkwe, rebuslah ramuan tersebut hingga menyisakan satu gelas air. Untuk mengatasi kencing darah Anda dapat mengkonsumsi ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari sampai kencing darah yang anda derita hilang dan benar-benar sembuh.

5.    Mengobati keputihan

Masalah seperti keputihan memang umum dialami oleh wanita, namun jangan salah karena penyakit tersebut bisa sangat berbahaya jika dibiarkan secara terus menerus. Mengatasi keputihan dapat menggunakan alang-alang, cukup dengan merebus akar alang-alang, ditambah daun pepaya dan pulasari, minum air rebusannya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

4 Tanaman Herbal Hebat Cegah Kanker
27 Juli 2018
Manfaat Alang – Alang Untuk Pengobatan Dan Kesehatan
11 Februari 2020
Jarang Diketahui Inilah Manfaat Daun Singalawang ( Anamu )
19 Februari 2020
Manfaat Singkong bagi Kesehatan
24 Februari 2020
Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan
24 Februari 2020

Komentar