Logo Eventkampus

Manfaat Alang – Alang Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Alang – Alang Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Selama ini orang banyak yang menganggap alang-alang sebagai gulma atau rumput liar yang mengganggu dan tidak bermanfaat. Sejatinya alang-alang memiliki beragam khasiat yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung berikut ini berapa khasiat lainnya yang terkandung dalam alang-alang:

1.     Dapat Mengobati Mimisan

Umumnya masyarakat mengenal manfaat sirih sebagai obat alami mimisan. Akan tetapi, akar alang-alang dapat digunakan sebagai pengobatan mimisan.

2.     Dapat Mengobati Penyakit Asma

Tak jauh berbeda dengan masalah paru-paru,penyakit asma ini juga terjadi pada bagian tersebut. Untuk mengatasinya cukup dengan merebus 100 gram akar alang-alang, tambah 50 gram kencur dan 50 gram sirih, seduh menggunakan 200 ml air biarkan hingga tinggal setengah dan saring kemudian minum secara teratur.

3.     Dapat Meredakan Panas Dalam

Alang-alang dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengambil umbi akar alang-alang secukupnya.

4.     Dapat Melancarkan Buang Air Kecil

Terkadang masalah umum seperti buang air kecil tak lancar sering kali dialami masyarakat. Hal ini biasanya menyebabkan rasa sakit pada daerah kemaluan. Salah satu cara untuk mengatasinya juga mudah yaitu menggunakan alang-alang yang dicampur dengan gula batu, seduh dan dinginkan, minum secara teratur.

5.     Dapat Mengobati Diare

Manfaat alang-alang yang lainnya adalah dapatmengobati diare pada anak dan dewasa. Caranya, 250 gram akar alang-alang dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Saring airnya, kemudian diminum. Sekali minum 1 gelas, segera setelah buang air besar.

6.     Dapat Mengatasi Sakit Ginjal

Akar alang-alang ampuh untuk mengatasi sakit ginjal. Seperti yang sudah diketahui sakit ginjal jika tidak segera diobati dengan benar bisa menyebabkan komplikasi.

7.     Dapat Mengobati Keputihan

Masalah seperti keputihan memang umum dialami oleh wanita, namun jangan salah karena penyakit tersebut bisa sangat berbahaya jika dibiarkan secara terus menerus. Jangan khawatir karena kamu bisa mengatasinya menggunakan alang-alang, cukup dengan merebus akar alang-alang, ditambah daun pepaya dan pulasari, minum air rebusannya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Nah, itulah manfaat alang – alang yang bisa kalian coba dirumah. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Manfaat Alang-alang yang Dijandikan sebagai Obat
12 Maret 2020

Komentar