Logo Eventkampus

6 Manfaat Bunga Telang Yang Baik Untuk Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
6 Manfaat Bunga Telang Yang Baik Untuk Kesehatan

Bunga telang adalah salah satu jenis tanaman merambat yang biasa dijumpai di pekarangan rumah yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias oleh warga. Memiliki tampilan warna yang menarik, bunga telang kerap dijadikan sebagai garnish hidangan juga. Bunga berwarna biru atau ungu ini bisa juga digunakan sebagai pewarna makanan alami, hingga dikonsumsi sebagai minuman teh.

Namun, siapa sangka, bunga ini umumnya berwarna biru terang, putih, pink, dan ungu itu, ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan manusia. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari kembang telang ini, berikut ulasannya:

1.     Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Bunga telang bisa menekan kadar lemak dalam darah dan jumlah kolesterol total dalam tubuh. Kemampuan bunga telang dalam mengurangi lemak dan kolesterol dapat berdampak positif terhadap kesehatan jantung.

2.     Dapat Mengobati Batuk

Selain bunga, akar tanaman ini juga menyimpan manfaat yang bisa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan gangguan batuk. Bahkan rempah yang berasal dari bubuk akar bunga telang juga digunakan untuk menyembuhkan gangguan asma.

3.     Dapat Mengobati Gangguan Penglihatan

Sebagian besar masyarakat memanfaatkan bunga telang sebagai obat untuk gangguan penglihatan, seperti mata merah atau sakit mata lainnya. Bunga ini dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah.

4.     Dapat Mencegah Diabetes

Bunga telang bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes melitus. Mengonsumsi teh bunga telang setelah makan akan memperlambat penyerapan glukosa, sehingga gula darah tetap stabil.

5.     Dapat Menetralkan Sistem Pencernaan

Bunga telang juga bisa dimanfaatkan sebagai detoksifikasi. Teh herbal yang terbuat dari bunga telang dapat menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan.

6.     Dapat Mengurangi Rasa Cemas

Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ vital tubuh, bunga telang juga diketahui memiliki efek meredam gangguan kesehatan mental dan anti-depresan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari bunga biru atau bunga telang yang bisa kalian coba nih. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan
24 Februari 2020

Komentar