Logo Eventkampus

Manfaat bagi Kesehatan Meminum Air Rebusan Daun Sirih

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat bagi Kesehatan Meminum Air Rebusan Daun Sirih

  Daun sirih merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Daun yang memiliki bentuk hati ini ternyata kaya akan kandungan saponin, tannin, hingga eugenol yang baik untuk kesehatan tubuh.

   Makanya tak heran jika daun sirih sering dimanfaatkan untuk obat-obatan; mulai dari obat penurun demam, hingga obat sakit tenggorokan.

   Selain kedua manfaat tersebut, ternyata daun sirih juga memiliki segudang manfaat lain yang baik untuk kesehatan. Berikut rangkumannya. 

1. Meringankan sembelit

Daun sirih ternyata mengandung antioksidan yang bisa membersihkan tubuh dari radikal bebas. Tak hanya itu, daun sirih juga bisa mengembalikan tingkat pH normal pada perut yang bermasalah sehingga konstipasi atau sembelit pun hilang.

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu mengunyah daun sirih setiap hari. Atau kamu juga bisa menumbuk daun sirih dengan air dan menyimpannya selama semalaman. Minumlah air tersebut pada kondisi perut kosong.

2. Menjaga saluran pencernaan

Daun sirih kabarnya bisa melindungi kesehatan saluran cerna, karena bisa membantu meningkatkan produksi lendir. Nah, produksi lendir tersebut akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang bisa terjadi karena berbagai hal.

Tak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna agar proses pembuangan materi limbah bekerja lebih baik.

3. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Menurut beberapa ahli, meminum air rebusan daun sirih atau daun sirih yang dikeringkan bisa membantu kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2.

Lebih lanjut, manfaat tersebut datang dari kandungan antioksidannya yang tinggi dan bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

Meski begitu, bukan berarti daun sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus dijalani. Kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum rebusan daun sirih tersebut.

4. Meningkatkan nafsu makan

Menurunnya tingkat nafsu makan merupakan salah satu tanda dari gangguan perut. Kabarnya, daun sirih bisa mengembalikan tingkat pH normal pada lambung dengan membuang semua racun.

5. Penangkal kanker

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, daun sirih mengandung antioksidan eugenol yang bisa membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ambil 10 hingga 12 lembar daun sirih dan rebus bersama air selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, pisahkan airnya dan tambahan sedikit madu. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Tips menjadi tubuh ideal dan sehat
04 Januari 2018
Bermain ponsel terlalu lama bisa menyebabkan cepat tua
17 Juli 2018
Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
09 Januari 2020
Manfaat Daun Mint
23 Januari 2020
Khasiat tumbuhan putri malu
29 Januari 2020
Apakah Wanita bisa Hamil ketika Berenang dengan Pria
25 Februari 2020

Komentar