MANFAAT BESAR BUAH,KULIT,BIJI MANGGIS

access_time | label Berita
MANFAAT BESAR  BUAH,KULIT,BIJI MANGGIS

MANFAAT BESAR  BUAH,KULIT,BIJI MANGGIS

untuk kesehatan nyatanya sangatlah luar biasa. Salah satu diantaranya dipercaya mampu membantu mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya yang pada umumnya sulit untuk di obati. Tak jarang, kulit manggis juga di jadikan sebagai bahan herbal untuk terapi pengobatan kanker.

Tak hanya buahnya yang lezat untuk di makan, ternyata bagian kulit manggispun kini telah banyak di manfaatkan. Bahkan mungkin hampir semua orang telah mengetahui betapa fenomenalnya khasiat kulit manggis dari berbagai media sosial online maupun offline.

Dan patut untuk anda ketahui, bahwasannya di dalam kulit manggis sendiri terkenal akan kandungan senyawanya yang bernama xhanton. Senyawa tersebut di kenal memiliki kebaikan tersendiri untuk kesehatan seperti mencegah diabetes, kanker hingga melawan radikal bebas yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Selain itu, di dalamnya juga terkandung sejumlah kandungan lainnya seperti antioksidan dan antimikroba.

Kandungan dan nilai gizi yang terdapat di dalam kulit manggis

Mangosteen (Gracinia mangostana), fresh, Nutrition value per 100 g
(Source: USDA National Nutrient data base)

Principle

Nutrient value

Percentage of RDA

Energi

63 kcal

3%

Carbohydrates

15.6 g

12%

Protein

0.50 g

1%

Total fat

0,4 g

2%

Cholesterol

0 mg

0%

Dietary fiber

5.10 g

13%

 

 Vitamins

 

Folates

31 µg

8%

Niacin

0. 286 mg

2%

Pantothenic Acid

0.032 mg

< 1%

Pyridoxine

0.041 mg

3%

Riboflavin

0.054 mg

4%

Thiamin

0.054 mg

 4.50 %

Vitamin A

35 IU

1%

Vitamin C

7.2 mg

12%

 

 Electrolytes

 

Sodium

7 mg

0.50%

Potassium

48 mg

 1%

 

 Mineral

 

Calsium

5.49 mg

0.5%

Copper

0.069 mg

7%

Iron

0.17 mg

2%

Magnesium

13.9 mg

3.50%

Manganese

0.10 mg

4%

Phosphorus

9.21 mg

1%

Zinc

 0.12 mg

1%

 

 Pyto-Nutrients

 

 Carotene – α

1 µg

 —

 Carotene – ß

16 µg

 —

 Cryptoxhantin – ß

 9 µg

 —

Kulit manggis sendiri di ketahui mengandung lebih dari 40 senyawa kimia alami bernama xhantones. Beberapa diantaranya terdapat alpha mangostin, gamma-mangostin dan juga garcinone E.

Xhantones sendiri di sebut-sebut sebagai antioksidan paling efektif yang pernah di temukan pada saat ini. Adapun selain dari pada itu, di ketahui juga berbagai senyawa bermanfaat lainnya seperti catechin, poluisakarida, kuinon, stilbene dan polifenol.

Bahkan tak cukup sampai disitu, di dalamnya juga kaya akan serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin B kompleks (tiamin,niacin, asam folat) serta potassium yang tinggi.

Sehingga tak heran, dengan berbagai kandungan yang di milikinya herbal yang satu ini memiliki begitu banyak khasiat bahkan kini banyak produk kesehatan yang menggunakan herba yang satu ini sebagai salah satu komposisi pembuatannya.

Kali ini saya akan menjelaskan manfaat bagian-bagian buah manggis

1,manfaat buah manggis

2.manfaat biji manggis

3.manfaat kulit manggis

Khasiat dan Manfaat buah Manggis bagi kesehatan:

            Buah Manggis sebenarnya telah lama dimanfaatkan untuk obat tradisional di berbagai negara Asia. Dalam sejarah bahkan dikatakan, buah eksotis ini pernah dibawa sepanjang jalan di seluruh dunia sehingga bisa dicicipi oleh Ratu Victoria . Manfaat buah manggis untuk kesehatan sudah dikenal sejak abad ke-18, dan telah terbukti bukan hanya mitos . Buah manggis adalah gudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sehingga memiliki beragam khasiat manfaat berikut ini:

1 .Antioksidan

 Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa Manggis mengandung senyawa polifenol alami yang dikenal dengan xanthones . Ada dua jenis xanthones yang terdapat dalam buah ini – yaitu alpha dan gamma. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa khasiat, seperti anti – inflamasi, serta obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular . Senyawa Antioksidan ini memiliki sifat dasar untuk meregenerasi sel yang telah rusak oleh radikal bebas , sehingga efeknya dapat memperlambat penuaan, menangkal berbagai penyakit degeneratif serta kerusakan fisik dan mental

2.melancarkan aliran darah

            Bantu Manggis juga mempromosikan pembentukan sel darah merah, sehingga berkhasiat untuk mencegah anemia. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk meningkatkan aliran darah dengan jalan membantu pelebaran pembuluh darah. Hal ini yang akan membantu melindungi kita dari berbagai penyakit seperti aterosklerosis , kolesterol , jantung , darah tinggi dan nyeri dada yang parah
3.mencegah kanker

            Antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis dapat membantu mencegah kanker dan beberapa penyakit kardiovaskular. Seperti dikakan sebelumnya, manggis adalah sumber kaya akan antioksidan kuat xhantone alami, yang dapat membantu melawan kanker.

Khasiat dan Manfaat biji Manggis bagi kesehatan:

1. Melindungi Dan Menyokong Jantung Sehat

            Buah manggis ini membantu membnetuk sel darah merah yang sehat dan sistem sarafnya yang sehat . Menjaga tahap asam amino homosistena yang sehat . Melidungi sel dan membantu kandungan kolseterol pada tahap yang sehat . Menyuplai vitamin B pada tahap yang sehat ke jantung . sehingga jantung tetap terjaga dan terkontrol dengan baik.

2.mengurangi berat badan

            Masalah kegemukan terjadi karena membran sel dalam tubuh kita mudah membesar dan mengeras. Dan ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat dalam buah manggis. Zat tersebut melunakkan kembali sel-sel, dan dengan cepat mengubah zat makanan menjadi energi. Kondisi ini membuat kita menjadi lebih sehat dan pada saat yang bersamaan bisa mengatasi kegemukan.

3.mencegah penyakit jantung

            Penyakit jantung dan arteriosclerosis terjadi karena pembuluh darah di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Dan buah manggis bisa memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang dimiliki buah tersebut. Setelah pembuluh di sekitar jantung sehat dan kuat, maka risiko terhadap serangan penyakit jantung berkurang

Khasiat dan Manfaat kulit Manggis bagi kesehatan:

1.mengatasi diare

            Kulit manggis juga sangat ampuh untuk mengatasi diare. Hal tersebut lantaran di dalamnya terkandung senyawa yang sangat baik untuk fungsi pencernaan tubuh dan menghilangkan bakteri penyebab diare.

2.mengobati diabetes

            Penyakit diabetes yang parah dan tidak mendapatkan sama sekali merupakan cikal bakal penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Dan kulit manggis inilah adalah salah satu alternatif terbaik untuk mengatasi diabetes dengan cara mengurangi dan membawa kadar gula darah melalui air seni

3.mengatasi gangguan haid

            Jika anda ingin mengatasi gangguan haid seperti halnya nyeri yang tak tertahankan, telat datang bulan dalam jangka waktu cukup lama dan tidak teratur atau hanya sedikit, anda sebaiknya mencoba olahan kulit manggis untuk mengatasi berbagai permasalahan haid tersebut

 

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

Share

Komentar

Komentar