Logo Eventkampus

Berkumur Air Garam Tidak Bisa Cegah Covid-19

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Berkumur Air Garam Tidak Bisa Cegah Covid-19
Kabar berkumur air garam (NaCl) dapat menangkal Covid-19 beredar luas melalui media sosial dan WhatsApp beberapa waktu lalu. Dari hasil percobaan pribadi seorang warga disebutkan bahwa upaya itu dilakukan dengan memasukan sedikit garam dapur ke mulut dan menelan secara perlahan.
 
Dokter spesialis penyakit dalam RSA UGM, dr. RM. Agit Sena Adisetiadi, Sp.PD., menyebutkan bahwa info yang viral tentang berkumur air garam bisa melawan Covid-19 adalah keliru. Berkumur air garam tidak dapat mencegah infeksi Covid-19.
 
"Tidak ada bukti medis yang menjelaskan bahwa hal tersebut dapat membantu mencegah Covid-19," terangnya saat dihubungi Senin (27/4)
 
Berkumur atau minum air hangat dengan campuran garam ataupun cuka telah lama digunakan masyarakat di tanah air  sebagai cara menghilangkan gejala yang berhubungan dengan flu dan sakit tenggorokan. Kendati begitu, sekali lagi ditegaskannya, cara itu tidak akan melindungi dari Covid-19.

Minum air putih secukupnya sekitar 2 liter atau 8-9 gelas per hari  menjadi salah satu langkah untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, juga mencegah terjadinya dehidrasi.

Menurutnya, mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 adalah upaya utama yang harus dilakukan agar terhindar dari penularan virus. Beberapa diantaranya seperti mencuci tangan dengan sabun atau alkohol 70 persen, menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker, serta menjaga pola makan sehat dan seimbang.

Penulis: Ika


Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/19348-berkumur-air-garam-tidak-bisa-cegah-covid-19

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

PSPD UGM dan ASEAN Nagoya Club Dorong Tata Kelola Perdagangan Inklusif Indonesia-Jepang
25 Oktober 2019
Melestarikan Budaya Daerah Melalui Gladhen Jemparingan 2019
29 Oktober 2019
UGM Raih Predikat Kampus Berkinerja Penelitian Terbaik Versi Kemenristek
21 November 2019
UGM Peringkat 3 Kampus Hijau Terbaik di Indonesia Versi UI GreenMetric
19 Desember 2019
Menristek Tinjau Kandang Budi Daya Lembu Gama
31 Desember 2019
Peneliti UGM Kembangkan Alat Pengolah Limbah Batik
06 Februari 2020

Komentar