Logo Eventkampus

TANDA KAMU SEORANG ‘OVERTHINKER’

access_time | label Opini
Bagikan artikel ini
TANDA KAMU SEORANG ‘OVERTHINKER’

“Ngapain sih kamu dikit-dikit overthinking”

“Soksoan overthinking segala”

Pasti sudah banyak kan dari kalian yang yang akrab dengan kata ‘overthinking’?! Lalu sebenarnya overthinking itu apa sih? Overthinking sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Ingggris ‘over’ dan ‘thinking’ yang singkatnya berarti berpikir berlebihan. Overthinker merupakan seseorang yang sering mengalami overthinking. Lalu apa aja sih ciri seorang overthinker? Yuk langsung simak aja pembahasannya!

Lebih sering mikir daripada action

Overthinker biasanya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan. Berpikir sebelum bertindak memanglah penting agar kita dapat menganalisa dampak baik maupun buruk dari tindakan tersebut. Namun, terlalu banyak berpikir hanya akan menghabiskan waktu kalian yang seharusnya bisa dipakai untuk praktik langsung. Selain itu terlalu banyak mikir juga menunda langkahmu untuk lebih maju.

Hanya fokus dengan kelemahan

Tak bisa dipungkiri, setiap manusia pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan diri. Sadar akan kekurangan dan kelebihan diri memanglah penting agar kita bisa memperbaiki dan memanfaatkannya menjadi peluang. Namun, overthinker biasanya hanya fokus dengan kelemahan mereka. Mereka seringkali mengungkit dan mempermasalahkan kekurangan diri mereka. Hal ini biasanya dapat menyuburkan rasa pesimis dalam diri dan dapat mengurangi rasa percaya diri mereka untuk melakukan sesuatu.

Sangat takut akan kesalahan

Perasaan takut melakukan kesalahan pasti pernah dialami semua orang, apalagi ketika melakukan suatu hal yang baru. Perasaan takut dan khawatir tersebut sangatlah wajar, namun jangan sampai perasaan tersebut menjadi semakin besar melebihi rasa keberanian dalam diri kalian. Perasaan takut yang berlebihan akan kesalahan biasanya hanya akan membuat seseorang menjadi sangat takut untuk bertindak, berbicara, bahkan sulit berbaur. Jika kekhawatiran berlebih ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka tak menutup kemungkinan overthinker tersebut menjadi terhambat untuk memperoleh kemajuan pada diri mereka.

Sering menanyakan hal yang sudah tahu jawabannya

Biasanya overthinker melakukan hal ini karena mereka takut berbuat kesalahan. Oleh karenanya mereka seringkali menanyakan hal-hal yang sebenarnya sudah mereka ketahui jawabannya. Mereka melakukan hal tersebut hanya untuk meyakinkan dan memastikan kembali kebenaran akan sesuatu, sehingga resiko melakukan kesalahan dalam bertindak juga akan berkurang.

Nggak bebas ngelakuin berbagai hal karena takut dihujat orang lain

Overthinker biasanya cenderung berhati-hati dalam melakukan berbagai hal agar tidak menjadi bahan omongan orang lain. Biasanya mereka terlalu memikirkan komentar negatif orang lain mengenai dirinya, yang ujungnya hanya akan membuat mereka menjadi stress dan down. Selain itu, terlalu peduli dan menanggapi komentar negatif orang lain hanya akan membuat seseorang lelah dan kehilangan energi.

Hobi mikirin hal negatif yang belum tentu terjadi

Siapa nih yang suka mikirin hal-hal negatif padahal belum mulai ngapa-ngapain?  Nah mulai sekarang harus kalian stop ya! Agar tidak terjadi

Gimana sekarang udah tau kan tanda-tanda seorang ‘overthinker’?! Apakah kalian termasuk salah satunya?

Kredit gambar: https://pin.it/6LSdwKh


Penulis

foto Vyta Bella
Vyta Bella

Komentar