Logo Eventkampus

7 Hal yang Harus dilakukan Saat Dihantui Rasa Bersalah yang Berlebihan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
7 Hal yang Harus dilakukan Saat Dihantui Rasa Bersalah yang Berlebihan

Jika kamu melupakan sesuatu yang penting, atau kamu gagal melakukan sesuatu, atau kamu bersalah terhadap seseorang, perasaan bersalah pasti akan muncul pertama kali. Rasa bersalah adalah emosi umum yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Rasa bersalah ini tidak hanya mengandung nilai positif tapi juga negatif jika yang kamu rasakan terlalu berlebihan.

Oleh karena segala sesuatu di dunia ini tidak sempurna, maka jangan juga mengharapkan dirimu atau orang lain menjadi sempurna. Kamu pernah bersalah, begitu juga orang lain. Jangan terkungkung dalam perasaan bersalah yang berlebihan tanpa tujuan yang jelas. Berikut ini adalah cara ampuh untuk memberhentikan perasaan bersalah yang berlebihan.

  • Mengonfirmasi kesalahan langsung pada orang yang bersangkutan.

Kamu mungkin merasa bersalah karena kamu sudah mengabaikan seseorang, untuk menetralkan rasa bersalahmu, kamu perlu bertanya langsung pada orang tersebut apakah dia benar-benar merasa diabaikan olehmu atau tidak. Mengonfirmasi kesalahan merupakan langkah ampuh untuk membuat rasa bersalahmu berkurang bahkan hilang.

  • Menghargai diri sendiri dan semua hal yang kamu lakukan.

Kamu mungkin melewatkan pertemuan penting karena kamu lupa sehingga kamu merasa bersalah. Lupa adalah hal manusiawi yang bisa dialami oleh siapa saja. Memang, kamu tidak bisa menjadikan manusiawi sebagai alasan untuk bebas dari konsekuensi. Tapi, dengan melakukan kesalahan maka kamu belajar. Kamu juga harus tetap menghargai apa yang kamu lakukan.

  • Mengambil sudut pandang orang lain. Terkadang kamu bisa memberikan kelonggaran untuk orang lain tapi terlalu keras dengan dirimu sendiri.

Jika orang lain bersalah padamu dan datang minta maaf, sebagian besar reaksimu adalah merasa kasihan dan memaafkan. Tempatkan dirimu pada posisi orang lain dan kamu pasti akan bisa mengurangi rasa bersalah yang kamu miliki. Terkadang kamu tidak sadar bahwa kamu terlalu keras dengan dirimu sediri.

  • Cari tahu tentang emosi di balik rasa bersalah itu.

Rasa bersalahmu itu mungkin adalah refleksi dari emosi lain seperti kemarahan, kebencian atapun intimidasi. Kamu harus tahu, apakah kamu merasa bersalah karena kamu melakukan kesalahan atau karena kamu membenci dirimu? Jika kamu merasa bersalah karena melakukan ksalahan maka itu artinya kamu memiliki kesadaran diri yang baik. Sebaliknya jika rasa bersalahmu itu timbul karena kamu membenci dirimu sendiri, kamu perlu mengubah pola pikir.

  • Tidak mengukur segala sesuatu dengan sempurna. Menerima kesalahan sebagai pelajaran.

Saat kamu memusatkan segala sesuatu untuk menjadi sempurna, maka kamu akan mengalami rasa bersalah yang besar jika kamu tidak berhasil meraihnya. Semua orang berbuat salah. Jika dunia ini saja tidak sempurna, mengapa kamu memusatkan segalanya harus sempurna? Menerima keslahan yang kamu sendiri lakukan akan membuatmu terbebas dari rasa bersalah itu. Asal kamu tahu dan mau memperbaikinya maka itu sudah cukup.

  • Mengetahui batas kemampuan yang kamu miliki.

Saat kamu mengetahui batas kemampuan yang kamu miliki, maka kamu akan bisa memaafkan dirimu sendiri jika kamu tidak bisa melakukan yang lebih dari pada batas tersebut. Tetapkan batas tersebut secara jujur dengan dirimu sendiri agar kamu tidak ngoyo tapi juga tidak santai.

  • Berdamai dengan diri sendiri.

Rasa bersalah yang berlebihan timbul karena kamu tidak bisa memaafkan kesalahan yang kamu sendiri lakukan. Kamu perlu merenungkan kesalahan tersebut, mengevaluasinya agar tidak terjadi lagi di masa depan. Bukan menghukum dirimu dengan rasa bersalah yang berlebihan. Berdamailah dengan dirimu maka kamu akan keluar dari rasa bersalah tersebut.

Penulis

foto Isnan Wahyudi
Isnan Wahyudi
SMK Negeri 2 Karanganyar
Berusaha yang terbaik

Komentar