Logo Eventkampus

3 Posisi Tidur yang Baik

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
3 Posisi Tidur yang Baik

Posisi tidur yang baik dan benar bagi kesehatan. Tidur merupakan aktivitas yang sering kita lakukan untuk mengistirahatkan tubuh agar dapat kembali bugar dan bersemangat untuk kembali melakukan rutinitas sehari-hari, tidur yang teratur dapat membantu dalam meningkatkan produksi sel di dalam tubuh untuk membuat materi pelapis yang bernama myelin dapat dapat berguna untuk melindungi sirkuit otak kita.Berikut 3 Posisi Tidur yang Baik dan Benar :

  1. Posisi tidur miring

Bagi anda yang terbiasa tidur dengan posisi miring, usahakan untuk melakukannya pada posisi miring ke kanan karena jika posisi tidur miring ke kiri dapat membebankan jantung oleh berat badan kita. Jika posisi tidur kita miring ke kiri, maka jantung akan mengalami kelelahan akibat harus terus memompa dengan beban yang cukup berat dalam jangka waktu yang cukup lama. Posisi tidur yang terbaik yaitu seperti hal nya pada cara tidur bayi di dalam kandungan dengan punggung yang melengkung dan kaki sedikit menekuk kearah dada, posisi tidur seperti ini dapat bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah pada tulang punggung, meringankan pernafasan dan organ-organ tubuh lainnya akan lebih leluasa.

  1. Posisi tidur terlentang

Melakukan tidur dengan posisi terlentang dapat memudahkan kepala, leher dan tulang belakang kita untuk mempertahankan posisi netral. Hal ini bertujuan untuk mencegah gangguan seperti sakit leher dan punggung, mencegah keriput dan bagi wanita dapat menjaga bentuk payudara tetap baik. Namun bagi anda yang memiliki kebiasaan mendengkur, posisi tidur terlentang sangat tidak baik untuk dilakukan karena dapat terjadi penyempitan pada tenggorokan sehingga dapat menghasilkan turbulensi udara yang dapat menyebabkan getaran dan dengkuran.

  1. Posisi tidur tengkurap

Dengan melakukan posisi tidur tengkurap tentunya posisi perut berada di bawah, sehingga posisi ini dapat memberikan tekanan pada sendi dan juga otot yang dapat mengakibatkan nyeri dan juga kesemutan. Akan tetapi posisi tengkurap sangat baik bagi mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur, ini dikarenakan saluran udara diatas dapat terbuka lebih lebar sehingga sangat baik untuk dilakukan oleh mereka yang memiliki riwayat sakit leher, punggung dan mendengkur

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Edan! Peselancar AS Nekat Taklukkan Ombak Setinggi 30 Meter
25 Januari 2018

Komentar