Logo Eventkampus

7 Fakta Aneh yang Secara Nyata Terjadi di Dunia Teknologi

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
7 Fakta Aneh yang Secara Nyata Terjadi di Dunia Teknologi

Teknologi yang terus berkembang cepat telah memudahkan kita dalam berbagai hal. Apalagi setelah era Internet of Things dimulai, semuanya semakin mudah. Bahkan tidak sedikit yang gara-gara teknologi berkembang terlalu cepat, penemuan lama pun jadi mulai ditinggalkan.

Tanpa mengubah fakta bahwa perkembangan teknologi berperan besar dalam kemajuan zaman, tahukah kamu bagaimana perkembangan awalnya hingga dunia teknologi bisa semaju saat ini? Jika belum tahu, JalanTikus punya nih kumpulan fakta di dunia teknologi yang mungkin akan membuat kamu kaget.

Berikut Fakta Aneh Dunia Teknologi :

1. Mengubah Jenis Font Bisa Menghemat Tinta Printer

Nah, buat kamu yang kerjanya banyak berhubungan dengan cetak-mencetak dokumen, harus tahu nih bahwa jenis font yang digunakan akan mempengaruhi banyaknya tinta yang diperlukan saat mencetak. Hal ini karena setiap font didesain tidak sama, semuanya dibuat tergantung kebutuhan. Ada yang untuk dekorasi, untuk perpesanan, atau bahkan sebuah ikon. Penggunaan font yang lebih terang dan ringan akan membuat tinta printer lebih hemat 10% dan bisa membuat kamu mencetak lebih banyak.

2. Email Lebih Dulu Ada Sebelum Internet

Pernah nggak terbayang bahwa mengirim email itu dulunya nggak semudah sekarang? Dulu, untuk mengirim email di tahun 1984, kita harus menggunakan sambungan telepon untuk terhubung dengan database penyedia layanan yang disebut Micronet. Setelah itu kita menggunakan nomor khusus yang disebut webpages. Nah, ini adalah era sebelum WWW (World Wide Web) atau Internet mulai dikembangan pada tahun 1989.

3. Keyboard QWERTY Dibuat untuk Memperlambat Ngetik

Kelihatannya layout QWERTY pada keyboard dibuat untuk memudahkan kita ngetik, padahal ternyata layout ini justru dibuat untuk memperlambat proses kamu mengetik. Hal ini berkaitan dengan proses awal penemuan mesin tik praktis oleh Christopher Latham Sholes. Saat itu dia menggunakan layout urutan abjad ABCDEF dan seterusnya. Ternyata ini justru berakibat pada sering rusaknya mesin tik saat digunakan mengetik dalam kecepatan tinggi karena batang antarhuruf saling terkait.

Untuk mengatasinya, Sholes akhirnya menemukan formula layout yang lebih aman dengan pola QWERTY. Saat itu mengetik dalam bahasa Inggris dengan layout ini jadi lebih sulit, dan tidak akan membuat batang huruf saling terkait lagi.

4. Dulunya, Pendaftaran Domain itu Gratis

Hingga tahun 1995, pendaftaram domain untuk website itu gratis. Saat itu tidak ada orang yang menyadari seberapa powerful Internet. Setelah lewat tahun 1995, domain harus dibayar dengan harga tinggi, dimulai dari harga US$100 untuk biaya 2 tahun.

5. Film Tron Curang Karena Menggunakan Efek Digital

Jauh sebelum film Tron Legacy yang ditayangkan pada tahun 2010, film Tron secara original telah dibuat pada tahun 1982. Dengan bermodal efek spesial pas-pasan saat itu, film Tron mendapatkan sambutan hangat. Namun bukannya dipuji, Oscar selaku akademi dunia perfilman justru melecehkan film Tron karena dinilai curang menggunakan efek digital. Ya, pada tahun itu, efek digital di film adalah tindak kriminal. Apa kabar film-film sekarang yang semuanya mengandalkan efek digital ya?

6. Awalnya, 5 MB Data Disimpan dalam Disk Seberat 1000Kg

Pada tahun 1956, IBM memperkenalkan komputer pertama bernama RAMAC. Dengan dibekali harddrive seperti yang sekarang kita gunakan, RAMAC dibekali IBM disk berkapasitas 5MB yang memiliki berat 1000Kg. Sekarang kita bahkan bisa membawa data sebanyak 1TB dalam sebuah USB flashdisk.

7. Wikipedia Gunakan BOT untuk Koreksi Isi Artikel

Cita-cita mulia Wikipedia untuk jadi ensiklopedia digital terbesar di dunia memudahkan semua orang untuk mendaftar di dalamnya. Setelah mendaftar, semua orang bisa membuat tulisan baru atau bahkan mengedit artikel lama milik orang lain. Bagaimana jika ternyata ada ulah orang iseng yang mengubah informasi dan justru membuatnya kacau?

Untuk mengakalinya, Wikipedia menggunakan 'robot' seperti ClueBot-NG untuk bergerilya mencari tindakan vandalisme oleh pengguna di setiap artikel. Jika menemukannya, robot ini akan mengembalikan tulisan tersebut ke versi awalnya. Saat ini Wikipedia menggunakan hampir 2000 BOT untuk mengecek 40 juta artikel yang ada di dalamnya

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar