Logo Eventkampus

Mahasiswa Fasilkom UI Ciptakan Aplikasi Game Quran

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa Fasilkom UI Ciptakan Aplikasi Game Quran

Muhammad Faris (Fasilkom 2013) menciptakan sebuah aplikasi bertajuk “Quran Challenge” , sebuah aplikasi yang dapat membantu kita menyelesaikan bacaan Alquran dengan lebih menyenangkan.

Pembuatan aplikasi ini bermula dari keinginan Faris untuk mulai menghafalkan Alquran pada tahun 2014 yang ternyata harus dimulai dari kegiatan memperbaiki bacaan terlebih dahulu.

Dari situ ia mulai terpikir untuk membuat suatu aplikasi yang dapat membuat proses membaca Alquran menjadi lebih menyenangkan.

Akhirnya, pada tahun 2016, ia mewujudkan angan tersebut dalam sebuah aplikasi berbasis web (web-app) pembaca Alquran dengan desain dan konsep seperti bermain game.

Dalam sistemnya, aplikasi ini mempunyai konsep reward & achievement yang didapat ketika penggunanya sudah menyelesaikan beberapa ayat atau juz dan mencapai level tertentu.

“Poin yang dikumpulkan dari kegiatan membaca Quran bisa ditukar dengan item seperti item translate, ataupun item gerak tombol otomatis yang nantinya juga akan memudahkan pengguna,” ujar Faris menambahkan.

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan tantangan-tantangan untuk membaca sejumlah ayat yang dapat diselesaikan untuk meningkatkan level .

Dari segi kemudahan, aplikasi ini juga menampilkan tulisan bacaan Alquran dengan animasi gerak, yang membuat penggunanya merasakan pengalaman baru membaca Quran.

Saat ini, aplikasi ini dapat diunduh langsung di Google Play Store atau melalui tautan https://quranchallenge.id/ untuk sistem operasi iOS dan Android.

Dalam waktu dekat  fitur grup dan tajwid akan ditambahkan sehingga diharapkan aplikasi ini akan berkembang lebih baik lagi kedepannya.

“Rencana jangka panjangnya juga kami akan berkolaborasi dengan komunitas tilawah dan pengembang aplikasi lain untuk meluaskan manfaat dari aplikasi ini,” tambahnya.

Faris berharap aplikasi ini akan membantu banyak orang dalam membaca dan menghafalkan Alquran, terutama dalam mengatasi rasa bosan dan kantuk ketika membaca.

 

Penulis: Wanda Ayu A.

Sumber : ui.ac.id

Penulis

foto Eventkampuscom
Eventkampuscom
EventKampus

Artikel Terkait

Akan Jalani Misi Budaya, Liga Tari UI Gelar Panggung Krida Budaya 2017
05 Juni 2017
Tim PKGK FKM UI Raih Penghargaan IndoHCF Innovation Award 2017
06 Juni 2017
Mahasiswa IPB: Yuk Bermain dan Bikin Produk dari Mangrove
07 Juni 2017
Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur Pemerintah, Timor Leste Gandeng UGM
07 Juni 2017
Mahasiswa dan Dosen Pascasarjana FH Unpad Kunjungi Kantor WIPO Regional Asia Pasifik
08 Juni 2017
UI Satu-Satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang Masuk 300 Besar Dunia
08 Juni 2017

Komentar