Logo Eventkampus

UI Satu-Satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang Masuk 300 Besar Dunia

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
UI Satu-Satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang Masuk 300 Besar Dunia

UI kembali menjadi universitas terbaik di Indonesia versi pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 yang baru saja dirilis pada Kamis (8/6/2017).

Peringkat UI ada di posisi 277 dunia – yang mana di tahun sebelumnya berada pada peringkat 325 dunia pada pemeringkatan yang sama.

Dengan ini, UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 6 tahun berturut-turut pada pemeringkatan QS.

Tahun ini UI mengalami peningkatan signifikan pada performa indikator “International Faculty”, yang mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di suatu perguruan tinggi.

Peningkatan performa berikutnya terlihat pada indikator “Academic Reputation” dan “Employer Reputation”.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan tim QS terhadap para pimpinan perusahaan, lulusan UI dianggap berkompeten, inovatif, serta efektif di dalam bekerja dan mengimplementasikan keilmuannya.

QS World University adalah pemeringkatan universitas-universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds, perusahaan asal Inggris yang bergerak di bidang pendidikan.

Pemeringkatan ini adalah salah satu pemeringkatan yang paling banyak dijadikan rujukan, bersama dengan Academic Ranking of World Universities dan Times Higher Education World University Rankings.

QS juga merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kemenristekdikti untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Tahun ini, QS melakukan pengukuran kinerja dan pemeringkatan terhadap lebih dari 959 Perguruan Tinggi di 84 negara di dunia.

QS menggunakan enam indikator dalam melakukan pengukuran pemeringkatan yaitu Academic reputation (40%) yang mengukur unsur akademik secara menyeluruh dan Employer reputation (10%).

Lalu faculty/student ratio (20%) yang mengukur komponen penunjang kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi seperti jumlah tenaga pendidik berbanding dengan jumlah mahasiswa ;

Serta Citation per Faculty (20%) yang mengukur jumlah kutipan (citation), jumlah publikasi ilmiah serta dampak penelitian yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat ;

Terakhir adalah indikator International Faculty (5%) dan International Student (5%)  yang mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas/perguruan tinggi.

Hasil pemeringkatan QS secara lengkap dapat dilihat di tautan:

https://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2018

Sumber : ui.ac.id

Penulis

foto Eventkampuscom
Eventkampuscom
EventKampus

Artikel Terkait

Akan Jalani Misi Budaya, Liga Tari UI Gelar Panggung Krida Budaya 2017
05 Juni 2017
FHUI Berpartisipasi di Program Desa Ramah Anak di Wlahar Wetan
05 Juni 2017
Mahasiswa IPB: Yuk Bermain dan Bikin Produk dari Mangrove
07 Juni 2017
Mahasiswa Fasilkom UI Ciptakan Aplikasi Game Quran
07 Juni 2017
Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur Pemerintah, Timor Leste Gandeng UGM
07 Juni 2017
Mahasiswa dan Dosen Pascasarjana FH Unpad Kunjungi Kantor WIPO Regional Asia Pasifik
08 Juni 2017

Komentar