Manfaat Labu Siam

access_time | label Berita
Manfaat Labu Siam

LABU SIAM

Pengertian Labu Siam

Labu siam adalah jenis bahan masakan yang masih termasuk dalam jenis sayuran. Labu siam ini masih termasuk ke dalam jenis labu sehingga pucuknya juga dapat dikonsumsi. Namun labu siam yang nikmat adalah bagian buahnya karena memiliki tekstur yang tidak begitu keras ataupun terlalu lunak. Bentuknya yang bulat dan sedikit lonjong pada ujungnya memiliki warna hijau. Permukaan kulit dari labu siam umumny keras namun untuk labu siam dengan ukuran yang kecil tidak memiliki permukaan kulit yang keras namun cenderung lembut sehingga dapat dikonsumsi langsung tanpa perlu mengupasnya terlebih dahulu. Ukurannya ada yang kecil, sedang, dan besar. Rasa yang dimiliki oleh labu siam adalah manis dan mengandung air di dalamnya. Labu siam biasa dijadikan sebagai lalapan, campuran bening bayam, sayur asem, atau dapat ditumis.

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Manfaat labu siam bagi kesehatan cukup banyak sekali untuk mencegah penyakit hingga membantu pola diet. Pohon labu siam ini jenisnya adalah tanaman merambat yang memiliki sulur – sulur dimana nantinya akan menjadi tempat tumbuhnya buah labu siam. Labu siam dapat tumbuh pada tanah yang lembab namun tidak becek dan tidak mengandung air. Labu siam dapat dipanen setelah 30 dari masa tanamnya, cukup cepat memang. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapat dengan mengkonsumsi labu siam:

  1. Mengobati Batu Ginjal Labu siam, khususnya daunnya dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Hal ini seperti diungkap dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas North Florida. Selain itu, daun labu siam juga berguna untuk menurunkan darah tinggi.
  2. Mencegah Bayi Lahir Cacat Labu siam merupakan sayuran yang juga memiliki kandungan B complex yaitu Folat yang cukup baik. Kandungan folatnya yakni 93µg dalam 100 gram labu siam atau setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan. Folat sendiri sangat dibutuhkan pada proses pembelahan sel, sehingga pada ibu hamil folat membantu pertumbuhan sang janin dan menghindarkan bayi dari cacat syaraf.
  3. Membantu Menurunkan Kolesterol Dalam tabel kandungan gizi, labu siam tidak memiliki kandungan lemak jenuh, bahkan untuk kandungan kalorinya saja hanya dalam jumlah sedikit. Berdasarkan faktor tersebut, labu siam dapat digunakan untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi. Dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi.
  4. Membantu Menurunkan Berat Badan Labu siam seperti labu – labu lainnya, merupakan sayurang yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya mengandung 16 kalori saja di dalam setiap 100 gramnya. Selain itu, seperti dapat dilihat dalam table kandungan nutrisi di atas, labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Labu siam juga mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga, dari faktor – faktor inilah yang membuat labu siam menjadi bahan makanan yang recommended bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.
  5. Sebagai Sumber Stamina Labu siam juga dikenal mengandung potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina tubuh kita. Kandungan potassium di dalam labu siam ini sebanyak 125 mg per 100 gram,dll.

 

 

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Share

Komentar