Logo Eventkampus

UMBY Inisiasi Perpustakaan Khusus Lansia dengan Fasilitas Wifi

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
UMBY Inisiasi Perpustakaan Khusus Lansia dengan Fasilitas Wifi

LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerjasama dengan Bina Keluarga Lansia (BKL) Mugi Waras Dusun Blendung dan Bina Keluarga Lansia (BKL) Mekar Sari Dusun Menulis, Sumbersari menginisiasi pembangunan Taman Bacaan Lansia di dusun Blendung dan Menulis Sumbersari Sleman.

Taman bacaan yang sebenarnya cukup sederhana tersebut ternyata dilengkapi dengan Wifi untuk memudahkan pencarian sumber referensi secara online.

Tiga dosen UMBY yaitu Dr Triana Noor Edwina, Sowanya Ardi Prahara dan Arita Witanti dibantu beberapa mahasiswa menjadi inisiator pertama kali pembuatan tersebut. Warga desa setempat berkontribusi dengan mempersiapkan lokasi perpustakaan yang ada di salah satu rumah warga.

“Taman bacaan ini secara khusus untuk lansia yang ingin terus belajar dan mengupdate informasi. Taman bacaan ini dilengkapi software untuk pengolahan koleksi slim dan fasilitas Wifi disediakan untuk meningkatkan pencarian sumber referensi dari perpustakaan digital nasional dan referensi multimedia di internet,” ungkap Dr Triana Noor pada wartawan, Senin (23/7/2018). 

Taman bacaan lansia di dua dusun ini memiliki 100 koleksi buku, 50 majalah dan sejumlah dokumen multimedia. Kelengkapan koleksi masih diupayakan terutama koleksi multimedia untuk melengkapi sumber informasi yang didapatkan.

Pendirian taman bacan lansia ini dimulai dari bulan Maret 2018, diawali dengan pencarian minat buku koleksi yang dibutuhkan oleh warga lansia. Umumnya warga menyukai koleksi seputar kesehatan, hobi, dan ketrampilan. 

Periode April dan Mei 2018 selain selama proses pemesanan kelengkapan dan hutting buku ke penerbit, para kader BKL mendapatkan materi tentang perkembangan lansia dan media pembelajaran untuk melakukan penyuluhan, pembinaan dan konseling. Mulai Juni proses pengolahan buku, kelengkapan setting taman bacaan serta sirkulasi dilanjutkan di mana UMBY memberikan pelatihan khusus tentang pengolahan koleksi kepada pengurus harian taman bacaan.

“Projek taman bacaan lansia ini masih terus dilakukan sampai saat ini dengan program pelatihan e-library oleh kepala perpustakaan UMBY dan pelatihan office oleh mahasiswa oleh mahasiswa teknik informatika UMBY yang direncanakan berjalan minimal satu kali. Setelah itu akan dilanjutkan dengan evaluasi taman bacaan lansia sebagai media pembelajaran, pendidikan dan pelatihan tentang perkembangan lansia serta media pembelajaran untuk melakukan penyuluhan, pembinaan dan konseling untuk meningkatkan kualitas hidup lansia,” pungkas Triana. 

Penulis

foto Azka
Azka
SMK N 1 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Tenaga Kependidikan Unpad Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan
06 Juni 2017
Gubernur Kaltim Dukung Ekspedisi IMAPA Unmul
08 Juni 2017
cara agar badan menjadi lebih tinggi
28 Desember 2017
Pengertian cmd
13 Juli 2018
Dirjen Penyediaan Perumahan Dapat Gelar Doktor ke-37 dari Universitas Tarumanegara
24 Juli 2018

Komentar