Logo Eventkampus

Tanpa Smartphone, 5 Permainan Tradisional Ini Bikin Ngabuburit Seru

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Tanpa Smartphone, 5 Permainan Tradisional Ini Bikin Ngabuburit Seru

Menjelang sore hari, rasa lemas setelah menjalani puasa sehari penuh mendadak sirna. Hal ini dikarenakan pikiran kita menjadi positif menjelang waktu berbuka puasa. Untuk melengkapi serunya menunggu waktu berbuka, ngabuburit bersama orang terdekat menjadi pilihan yang pas.

Di zaman teknologi seperti saat ini, rasanya merupakan hal yang mustahil untuk jauh dari smartphone. Bahkan kegiatan ngabuburit pun selalu bersampingan dengan smartphone meskipun dikelilingi orang-orang tersayang. Untuk mengatasi agar kamu tak selalu bergantung dengan smartphone, yuk habiskan waktu ngabuburitmu dengan permainan tanpa gadget. Permaian ini sebenarnya sudah ada sejak dahulu, jadi kamu tak asing lagi untuk memainkannya. Berikut rekomendasi beberapa permainan tradisional yang bisa kamu main saat ngabuburit!

1. Catur

Permainan catur memang membutuhkan mengasah otak, tapi untuk bulan Ramadhan kali ini tak perlu terlalu serius untuk memainkannya. Kamu bisa mengajak teman kantor untuk bermain catur selepas waktu jam kerja. Waktu permainan catur yang lumayan panjang membuat kamu tak merasakan rasa haus dan lapar. Sebab, otak hanya berkonsentrasi terhadap permainan bukan pada waktu berbuka puasa.

2. Board Game

Jika mengatakan board game, pasti yang terlintas di pikiran kamu adalah permainan papan. Yap, benar sekali. Board game adalah permainan berkelompok non-digital yang menggunakan papan. Sekilas permainan Board Game sangat identik dengan permainan ludo, scrabble dan monopoli. Menyusun permainan menjadi satu kesatuan bisa menjadikan kegiatan semakin seru. Untuk bermain game ini kamu hanya memerlukan minimal satu lawan. Tapi tetap ya, ikuti aturan permainan yang berlaku!

3. Congklak

Siapa yang tak kenal permainan ini? Permainan legendaris ini hingga saat ini masih menjadi permainan yang di idolakan. Bagi masyarakat Jawa Barat, Congklak merupakan sebuatan yang pas. Sedangkan bagi masyarakat Jawa, mereka lebih familiar dengan sebutan dakon. Dahulu, congklak menggunakan biji-bijian dari buah. Seperti biji kopi, biji labu maupun biji buah sawo.

Seiring berkembangnya zaman, permainan ini menggunakan material plastik. Mungkin kini congklak tergerus oleh zaman namun kiprahnya tak pernah mati. Terbukti masih banyak toko permainan maupun online shop yang menjual congklak. Serunya memindahkan biji dari satu tempat ke tempat lainnya hingga habis membuat otak berpikir kreatif.

4. Karambol

Jika permainan diatas minim suara, maka berbeda dengan karambol. Permainan ini tak jauh dari kata ‘berisik’. Seakan bermain biliar, kamu bisa memainkan koinnya dengan memutar jari. Karambol membuat kamu berpikir kreatif agar koin tersebut bisa mengenai tepat sasaran.

Uniknya, permainan karambol tak hanya populer di Indonesia. Seperti  Dikutip dari Al Arabiya, di wilayah Hijaz, Arab Saudi, karambol telah menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Arab. Terutama saat bulan Ramadhan seperti saat ini, Karambol menjadi permainan yang wajib dimainkan.

5. Kartu Remi

Kartu Remi masih melegenda hingga saat ini. Bahkan permianan ini sering dimainkan oleh para penjaga poskamling untuk mengusir ngantuk dikala ronda malam. Untuk memenangkan permianan ini kamu membutuhkan stategi jitu dalam mengeluarkan setiap kartu remi.

Bermain kartu remi rasanya kurang pas jika hanya dimainkan oleh dua orang. Kamu memerlukan 5 orang agar permainan ini semakin seru karena banyaknya lawan yang harus kamu hadapi. Tapi jangan jadikan permianan ini sebagai ajang taruhan ya, apalagi di bulan Ramadhan seperti saat ini.

 

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar