Logo Eventkampus

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Pada dasarnya kentut terjadi secara alami pada tubuh kita. Tubuh manusia yang normal rata – rata dapat kentut sebanyak kurang lebih 14 kali dalam sehari. Kentut sendiri memiliki wujud gas, yang tidak bisa dilihat secara kasat mata, namun dapat dirasakan dari bunyi dan baunya yang sangat mencolok.

Gas yang keluar pada saat buang angin atau kentut mengandung senyawa hydrogen sulfide. Hydrogen sulfide merupakan salah satu senyawa yang diketahui keluar bersamaan ketika anda buang angin alias kentut. Senyawa hydrogen sulfide ini diketahui merupakan senyawa yang menimbulkan bau seperti telur busuk ketika anda buang angin. Selain itu, gas hydrogen sulfide ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi siapapun yang menghirupnya, meskipun memiliki bau yang sangat tidak enak.

Meskipun banyak dihindari dan dibenci oleh orang – orang, namun ternyata kentut memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kentut.

1. Mengatur tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu mengenai hydrogen sulfide yang keluar bersamaan dengan proses buang angin atau kentut memiliki efek yang dapat mengatur tekanan darah siapapun yang menghisapnya. Jadi, secara eksplisit, kentut dapat mengatur tekanan darah siapapun yang menghirup baunya.

Dengan tekanan darah yang teratur, maka anda akan terhindar dari kondisi hipertensi (tekanan darah tinggi) ataupun hipotensi (tekanan darah rendah) yang memiliki efek buruk bagi kesehatan anda.

2. Anti inflamasi

Manfaat lainnya dari senyawa gas hydrogen sulfat yang keluar ketika anda buang angin dan menghirupnya ialah mampu menjadi penolong anti inflamasi pada tubuh anda. Hal ini berarti dengan menghirup gas kentut yang keluar, anda dapat terhindar dari kondisi inflamasi di dalam tubuh.

3. Anti pembengkakan

Selain menjadi senyawa anti inflamasi, hydrogen sulfide juga memiliki manfaat penting sebagai senyawa yang dapat menjadi anti pembengkakan. Dengan menghirup hydrogen sulfide yang keluar bersamaan dengan kentut, maka anda akan terhindar dari pembengkakan yang kemungkinan akan terjadi pada diri anda.

4. Melancarkan peredaran darah di dalam tubuh

Gas hydrogen sulfide juga memiliki manfaat yang penting untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh sifat dari hydrogen sulfide yang membantu melonggarkan jaringan pembuluh darah dan juga meningkatkan kelenturan dari pembuluh darah vena dan arteri. Hal ini akan meningkatkan kelancaran peredaran darah di dalam tubuh.

5. Mengurangi resiko terserang penyakit kronis

Dengan menghirup hydrogen sulfide yang terkandung dalam kentut, maka anda akan mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, plus dapat terhindar dari resiko terserangnya berbagai macam jenis penyakit kronis yang berbahaya.

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

MALIMPA UMS gelar Seminar Nasional Lingkungan Hidup
28 November 2017
Ketiga Kalinya dalam 4 Dekade, Salju Turun di Gurun Sahara
12 Januari 2018
Inilah El Gordo, Galaksi Terbesar, Terpanas, dan Paling Terang
19 Januari 2018
3 Zodiak dengan Kesabaran Luar Biasa,Apakah Anda salah satunya ?
19 Januari 2018
Falsafah Kopi Wong Jowo
22 Januari 2018
PANIK! APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN(?)
22 Januari 2018

Komentar