Logo Eventkampus

4 Hal ini Cara Mengetahui Diri Anda Sebenarnya

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
4 Hal ini Cara Mengetahui Diri Anda Sebenarnya

Mengenali diri sendiri tentu mengharuskan Anda untuk mengetahui semua seluk beluk diri Anda sendiri, mulai dari apa yang Anda suka dan tidak suka, apa kelemahan dan kemampuan yang kita miliki. Melalui proses mengenali diri sendiri, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti Anda tahu kemana kaki Anda akan melangkah untuk mencapai kesuksesan dan tentu saja Anda tidak akan pernah menjadi plagiat pribadi orang lain. Lalu, bagaimana cara mengenali diri sendiri? Berikut ada empat langkah untuk mengenali diri Anda sendiri.

  1. Kertas Lipat

Ambilah selembar kertas yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan jenis kertas apapun yang Anda suka atau Anda miliki, kemudian lipat kertas tersebut menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama di tiap bagian kertas yang Anda miliki.

  1. Tulis Negatif dan Positif

Setelah melipat kertas sekarang cobalah untuk mencari tempat duduk yang paling Anda suka, Duduklah dengan posisi yang nyaman. Jika Anda tidak merasa nyaman dengan duduk, Anda boleh tengkurap di tempat tidur atau sofa kesayangan Anda. Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, cobalah untuk menuliskan hal positif dan negatif yang Anda miliki. Tulis hal negatif pada sisi kiri dan positif pada sisi kanan. Cobalah menyelami diri Anda sebelum Anda memutuskan untuk menuliskannya.

  1. Lihat Pada Cermin

Jika sudah menuliskannya, cobalah untuk berdiri di hadapan sebuah cermin yang Anda miliki. Jika Anda memiliki cermin yang besar dan panjang akan sangat mudah namun jika tidak, Anda cukup menggunakan cermin yang Anda miliki dan amati diri Anda baik-baik di dalam cermin tersebut. Cobalah untuk melihat mata Anda dalam-dalam dan mulailah untuk mensyukuri apa yang sudah Anda miliki saat ini. Cintai dia yang berada di dalam cermin tersebut dengan segala kekurangan yang dia punya seperti rambutnya yang ikal, kulitnya yang kecoklatan, atau keningnya yang terlalu lebar, dan tersenyumlah setulus mungkin pada dia yang berada di dalam cermin tersebut.

  1. Tulis Hal Positif

Jika Anda sudah mengamati, tetaplah berdiri di hadapan cermin dan tuliskan hal positif apa saja yang Anda temukan saat melihat pantulan wajah diri dalam cermin. Ingat, hanya hal positif seperti, “Ternyata aku lumayan tinggi” atau “Hidungku pesek tapi lucu”.

Untuk mengenali diri Anda sendiri memang diperlukan waktu yang sangat panjang dan membutuhkan hati yang lapang untuk menerima diri sendiri dan menghargainya sebagai anugerah terindah dari Tuhan. Kita tidak akan pernah bisa mencintai diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain jika kita tidak pernah mengenali diri kita sendiri. Jadi, selamat berkenalan dengan diri Anda sendiri.

Penulis

foto Isnan Wahyudi
Isnan Wahyudi
SMK Negeri 2 Karanganyar
Berusaha yang terbaik

Artikel Terkait

Kenapa moba kok analog…???
08 Maret 2018
Tips Memancing Ikan Di Sungai
09 Maret 2018
Apakah Kacamata Anti Radiasi Komputer Efektif untuk Melindungi Mata?
12 Maret 2018
Jangan Salah, Kebiasaan 'Alay' Ini Bisa Jadi Kunci Kesuksesanmu
12 Maret 2018
Bagaimana Hukum Bermain Mobile Legend menurut islam?
14 Maret 2018

Komentar