Logo Eventkampus

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Zukini

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Zukini

Zucchini atau zukini merupakan timun yang masih satu keluarga dengan labu-labuan yang biasanya dipanen sebelum matang untuk kemudian dimanfaatkan dalam kegiatan pengolahan produk komersil seperti sayuran. Sayur yang satu ini berasal dari Amerika.

 Zukini mempunyai nama latin cucurbita pepo. Terdapat beberapa jenis dari zukini, zukini yang berwarna hijau tanpa garis, zukini yang berwarna hijau dan bergaris, zukini yang berwarna kuning.Apa saja nutrisi yang terkandung didalamnya?Apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya?

Zukini salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C, zukini juga mengandung vitamin A, magnesium, folat, kalium, tembaga, dan fosfor. zukini  juga memiliki kandungan tinggi omega-3 asam lemak, zink, niasin, dan protein. Serta vitamin B1, vitamin B6, vitamin B2, dan kalsium dalam zukini menjamin kesehatan yang optimal.

manfaat zukini yang dapat kamu dapatkan dengan mengonsumsinya.

1.     Cocok untuk diet

Zukini ampuh dalam menurunkan berat badan sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh kamu yang dalam prosss diet.

Selain itu, kalori dalam zukini terbilang cukup rendah dan mampu memberikan sensasi kenyang yang cukup lama sehingga sangat ampuh untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

2.     untuk kesehatan mata

kamu yang ingin memiliki mata sehat yang terhindar dari hal-hal yang mengganggu kegiatan sehari-hari seperti rabun, maka kamu perlu mengonsumsi jenis sayuran ini. Zukini juga mengandung vitamin A dan lutein yang sangat efektif dan ampuh dalam mencegah serta mengobati permasalahan mata.

3.     Kaya akan serat

kamu yang sering sembelit karena kurangnya mengonsumsi makanan yang kaya serat, maka cobalah untuk mencicipi zukini. Sayuran ini memiliki kadar serat yang cukup tinggi untuk menghindari permasalahan perut seperti sembelit. Tentunya sistem pencernaan akan terasa lancar dan anti sembelit.

4.     Mencegah osteoporosis

Zukini mengandung manfaat baik seperti fosfor dan magnesium. Kedua senyawa ini ternyata sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsinya. Jika kesehatan tulang dapat terjaga secara penuh, maka penyakit seperti osteoporosis pun dapat dicegah

5.     Anti asam urat

Zukini mengandung asam lemak omega-3 dan anti inflamasi cartenoids yang berfungsi untuk menghilangkan dan mengusir asam urat di dalam tubuh. Hal ini tentu saja karena asam urat dapat memancing peradangan pada sendi yang disebut dengan arthritis apabila kadar asam urat terlalu tinggi

Beberapa teknik memasak bisa diterapkan ke dalam pengolahan sayur yang satu ini, mulai dari dikukus, direbus, dipanggang, di isi dan dipanggang, digoreng ataupun dimasukkan. Bunganya pun dapat diolah menjadi tempura dan dikonsumsi setelah digoreng.

 

Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar