Logo Eventkampus

Mengapa Keyboard Tidak Disusun Sesuai Abjad? | Keyboard QWERTY

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mengapa Keyboard Tidak Disusun Sesuai Abjad? | Keyboard QWERTY

Mengapa Keyboard tidak Urut Abjad?

Pasti kalian pernah bertanya-tanya mengapa susunan keyboard tidak sesuai dengan abjadnya?. memang keyboard sengaja tidak diurutkan abjad, melainkan disusun QWERTY. Uniknya susunan keyboard QWERTY ditemukan secara tidak sengaja. Ingin tahu sejarahnya? Mari kita simak rangkuman berikut ini.

Keyboard QWERTY pertama kali ditemukan oleh Christopher Latham Sholes, Pria kelahiran Amerika Serikat pada 14 Februari 1819. Chistopher Latham Sholes membuat layout keyboard QWERTY pada awal 1870-an tepatnya pada Oktober 1867. Dalam merancang keyboard Christoper tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh temannya yang bernama Carlos Glidden dan Samual W. Soule. Layout QWERTY menjadi semakin populer dengan kehadiran mesin ketik pertama bernama Remington NO.2 pada 1878 yang menampilkan huruf besar dan huruf kecil (upper and lower Caseletters). Mesin ini sudah dilengkapi dengan tombol shift. Kabarnya, layout QWERTY dibuat untuk memperlambat pengetikan, karena jika susunanya sesuai dengan abjad, maka pengetikannya dianggap akan terlalu cepat. Maka dari itu dibuat susunan tombol QWERTY untuk memperlambat pengetikan. Namun, kabar tersebut dianggap tidak benar, karena susunan QWERTY justru mempercepat jari saat mengetik dan menghindari terjadinya gangguan “paper jams”.

Uniknya susunan keyboard QWERTY ditemukan secara tidak sengaja. Awalnya, susunan keyboard menggunakan urutan abjad yang urut dengan susunan dua baris. Namun susunan itu justru menyusahkan para pengguna, karena tiap kali mengetik dalam bahasa Inggris dengan cepat batang-batang pencetak huruf tersangkut dan memperlambat proses mengetik. Karena diprotes, Christopher justru mengacak acak urutan abjad pada keyboard, pada suatu kali ia memnemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya. karena dianggap paling ideal, susunan keyboard QWERTY digunakan hingga sekarang, mulai dari laptop, PC, mesin ketik, tablet, hingga Smarthphone semua memakai susunan keyboard QWERTY. Susunan keyboard ini juga sudah dipatenkan sebagai standar input komputer dunia. Pada tahun 1973 susunan keyboard QWERTY dipatenkan sebagai input komputer dan diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization.

Demikian lah uraian singkat mengenai penemuan keyboard QWERTY. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 Sumber : https://techno.okezone.com/read/2015/04/19/57/1136702/sejarah-susunan-tombol-keyboard-qwerty

https://www.idntimes.com/tech/trend/indra/kenapa-susunan-keyboard-gak-berurutan-berbentuk-qwerty/full


 

 

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar