Bubur Manado

access_time | label Tips & Trik
Bubur Manado

Bubur Manado

Bubur manado merupakan bubur yang unik dan memiliki banyak bahan campuran dalam pembuatannya sehingga membuat bubur ini menjadi lebih berwarna.

Bahan – bahan yang digunakan :

·         150 gr beras

·         1800 ml air

·         4 lonjor kacang panjang

·         50 gr ubi jalar dipotong kotak

·         100 gr labu kuning potong koyak

·         1 buah jagung sisir

·         1 ikat kangkungyang sudah disangrai

·         25 gr daun melinjo muda

·         1 batang daun kemnagi

·         1 sendok makan garam

Bahan pelengkap bubur :

·         150 gr ikan gabus asin

Cara membuat bubur manado :

1.      Siapkan bahannya terlebih dahulu.

2.      Bahan pertama yang perlu diolah dan dibersihkan dengan merata adaalh beras sebagai bahan utama pembuata bubur. Masukan beras kedalam sebuah wadah, lalu kucuri dengn air bersih dan aduk dengan merata sampai kotornnya keluar.

3.      Buang air cucian beras dan lakukan langkah pembersihann ini secara berulang-ulang agar beras yang kita gunakan bersih secara merata.

4.      Bersihkan semua sayuran yang ada pada bahan. Tempatkan masing-masing sayuran dalam wadah yan terpisah dan bersihkan.

5.      Untuk kacang panjang, potong dengan ukuran kira-kira 2 cm. Masukkan dalam wadah dan bersihkan dengan air bersih sampai kotorannya hilang.

6.      Potong ikan asin gabusnya dengan ukuran kecil kira-kira 1 cm. Goreng sampai matang dan kering, angkat lalu sisihkan dalam sebuah wadah.

7.      Rebus beras dalam sebuah panci sedang. Tambahkan bumbu seperti garam kedalamnya.

8.      Tuangkan air dan aduk-aduk sajian bubur sampai setengah matang dan merata. Masukkan labu kuning yang sudah dipotong dan dibersihkan, tambahkan ubi jajar dan jagung kedalamnya. Aduk dengan merata sampai bahan ini tercampur.

9.      Masak bubur bersama dengan sayuran yanng baru saja dimasukkan sampa ¾ matang. Tuangkan kangkung bersama dengan bayam dan juga kacang panjang. Aduk dengan rata dan tambahkan kemangi kedalmanya.

10.  Bila bahan sudah tercampur dan agak layu silahkan masukkan daun melinjo dan aduk sajian ini sampai matang dan bubur menjadi lebih mengental dengan merata.

11.  Koreksi rasa, bila belum pas maka dapat dimasukkan tambahan garam dan penyedap sajian bubur tersebut.

12.  Bubur sudah siap disajikan, hidangkan untuk keluarga tercinta.

Setelah matang maka sajian dapat disajikan dalam wadah dan Anda dapat menikmatinya bersama dengan ikan asin goreng sebagai bahan pelengkapnya, Anda juga dapat menaburkan bawang merah goreng.

Sumber : Selerasa

Penulis

foto Rina Robbiulana Fathonah
Rina Robbiulana Fathonah
SMK NEGERI MATESIH

Share

Komentar