Manfaat Ampas Tahu

access_time | label Tips & Trik
Manfaat Ampas Tahu

Manfaat Ampas Tahu

Ampas tahu merupakan sisa atau limbah dari pengolahan tahu. Ampas tahu digunakan oleh masyarakat hanya sebagai pakan ternak. Karena ampas tahu mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Terutama zat gizi protein. Berikut beberapa manfaat ampas tahu :

1. Dapat diolah menjadi tempe

Tempe diolah dari ampas tahu yang diproses dengan ragi seperti jenis ragi untuk membuat tempe kedelai. Proses untuk membuat ampas tahu sangat mudah, bahan yang tidak banyak dan hasil yang lebih banyak.

2. Sebagai makanan sapi

Ampas tahu mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi sumber tenaga untuk sapi. Selain itu kandungan nutrisi lain pada ampas tahu juga bisa memenuhi gizi yang baik untuk sapi.

3. Sebagai sumber pakan ikan

Ampas tahu mengandung protein yang tinggi yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan ikan menjadi lebih cepat. Cara pengolahan ampas tahu untuk pakan ikan adalah dengan menyimpan ampas tahu dalam sebuah tempat yang terbuka.

4. Untuk produksi nata de soya

Olahan nata de soya merupakan jenis makanan yang dihasilkan dari fermentasi ampas tahu. Nata de soya merupakan salah satu hasil pengolahan ampas tahu sehingga menjadi bahan makanan putih, kenyal, dan lezat.

5. Dapat digunakan sebagai pupuk organik

Ampas tahu mengandung beberapa mineral seperti nitrogen, fosfat dan kalium. Tiga jenis senyawa ini sangat penting untuk menyuburkan tanaman. Ampas tahu bisa dibentuk menjadi pupuk organik cair maupun padat. Senyawa organik yang ditemukan dalam ampas tahu juga lebih banyak sehingga sangat aman untuk dikonsumsi manusia.

6. Tepung ampas tahu

Ampas tahu mengandung kalori dan protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Ampas tahu akan diolah menjadi tepung seperti jenis tepung beras maupun tepung gandum. Produksi dari tepung ampas tahu bisa dimanfaat untuk membuat kue dan jenis masakan lain.

7. Ampas 5ahu untuk pakan unggas

Ampas tahu banyak digunakan sebagai bahan makanan khusus untuk hewan ternak. Ayam dan bebek menjadi hewan yang sangat suka dengan ampas tahu. Campuran ampas tahu dengan sisa penggilingan kelapa terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan unggas.

8. Ampas tahu dapat dijadikan olahan kerupuk

Kerupuk bisa diolah dari ampas tahu yang telah diproses dengan beberapa tahap. Ampas tahu akan diseleksi dan disaring untuk mengeluarkan kotoran. Setelah itu ampas tahu yang sudah benar-benar bersih akan dicampur dengan tepung dan ikan atau jenis perasa lain. Ampas tahu memberikan sumbangan antioksidan yang cukup tinggi dalam pengolahan kerupuk.

Penulis

foto Nandita
Nandita

Share

Komentar