Manfaat Buah Tin dan Daunnya Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Obati Penyakit

access_time | label Lainnya
Manfaat Buah Tin dan Daunnya Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Obati Penyakit

    Buah tin atau juga dikenal dengan buah ara, merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Buah ini ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Ya, antioksidan di dalam buah tin ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

     Tidak hanya buahnya, daun tin juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka tak heran kalau manfaat buah tin sering digunakan untuk mengobati beberapa masalah medis. Karena daging buah dan daun tin memiliki segudang manfaat, taka da salahnya untuk mengenal ada manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari buah dan daun tin. Berikut ini beberapa manfaat buah tin dan daunnya untuk kesehatan tubuh.


1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah tin dan daunnya yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Pada buah tin memiliki kandungan serat larut berupa pectin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Selain itu, buah tin juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral dan senyawa lainnya dalam buah tin yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, kamu juga bisa menjaga tekanan darah agar tidak naik agar tidak memicu gangguan jantung.


2. Menjaga Saluran Pencernaan

Buah tin juga bisa menjaga saluran pencernaan. Ya, manfaat buah tin dan daunnya ini sering digunakan untuk mengatasi sembelit. Mengonsumsi buah tin secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon.

Ya, buah tin bisa memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih maksimal.


3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah tin dan daunnya yang lain adalah dipercaya baik untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin yang sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos.

Salah satu penyebab tubuh kehilangan kalsium sehingga membuat tulang menjadi keropos adalah mengonsumsi makanan tinggi garam. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi buah tin secara rutin.


4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah tin selanjutnya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini bisa didapatkan karena buah tin memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. Adanya antioksidan dalam buah tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh.


5. Mengobati Batu Ginjal

Manfaat buah tin dan daunnya adalah bisa mengobati batu ginjal. Ya, daun tin memiliki kandungan saponin dan alkaloid yang dimana kandungan ini bermanfaat sebagai diuretic yang bisa mengatasi sebuah masalah ginjal.

Selain itu, ada juga kandungan saponin dan alkaloid yang dimana manfaat daun tin dapat menggerus batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Batu ginjal yang telah mengeras inipun akhirnya bisa terbawa saat buang air kecil.


6. Bantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat daun tin juga mampu mengobati penyakit diabetes karena bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti di Spanyol. Dikatakan bahwa air rebusan daun tin atau teh daun tin mengandung senyawa aktid.

Senyawa aktid ini memiliki kesamaan seperti hormone insulin. Seperti yang diketahui bahwa manfaat hormone insulin dapat menurunkan kadar gula darah berlebih.


7. Sebagai Obat Antikanker

Manfaat buah tin dan daunnya juga bisa bertindak sebagai antikanker. Kamu bisa mendapatkan manfaat daun tin ini hanya dengan menggunakan getah yang ada di dalam pucuk daun tin.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Share

Komentar