Logo Eventkampus

5 Etika Yang Harus Di Ketahui Saat Bekerja

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Etika Yang Harus Di Ketahui Saat Bekerja

Dimanapun kita bekerja pasti akan ditemui tata tertib serta etika yang harus ditaati oleh karyawannya. Menerapkan etika di tempat kerja sangatlah bermanfaat. Jika kita bisa mematuhi dengan baik etika di tempat kita bekerja, maka kita akan disenangi oleh karyawan lainnya bahkan pimpinan perusahaan dan dapat meningkatkan karier mu lho. Namun sebaliknya jika kita tidak mematuhi etika serta tata tertib yang sudah ditentukan oleh perusahaan, maka efek buruknya kita bisa dikeluarkan dari perusahaan. Dan tahukan kamu etika apa saja yang harus diterapkan dikantor? Inilah etika yang harus diterapkan dikantor:

1.     Jadilah Pribadi yang Lebih Peduli

Etika di tempat kerja ini di ada di berbagai situasi, terutama saat kamu di kantor. Contohnya saat memakai mesin printer di kantormu misalnya. Saat memakai printer tersebut, perhatikanlah apakah tintanya masih ada atau habis, kertasnya masih banyak atau tinggal sedikit. Bila tinta dan kertasnya sudah habis atau tinggal sedikit, maka cobalah untuk berinisiatif mengisi tinta dan kertas printer kantormu itu. Etika di tempat kerja ini bisa kamu terapkan pula saat berinteraki dengan rekan kerjamu. Dan bila ada teman kerjamu terlihat agak murung, cobalah untuk mendekati dan menanyakan mengapa ia seperti itu. Kalau perlu, berilah dia semacam penghiburan atau motivasi agar bisa lebih ceria seperti biasanya. Serta bila kamu telah dibantu teman kerjamu, maka terapkanlah etika di tempat kerja ini dengan cara memberinya apresiasi. Apresiasi sendiri bisa apa saja. Bisa dengan pujian, hadiah, atau mentraktirnya makan malam sepulang ngantor nanti.

2.     Perhatikanlah Penampilanmu Saat di Kantor

Di kantor, penampilan menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan. Untuk menerapkan etika di tempat kerja ini, kamu mesti tahu dulu bagaimana karakteristik kantormu. Kalau kantormu tipikal perusahaan formal, maka kamu wajib kenakan pakaian yang formal. Misalnya: celana kain, kemeja putih, dasi, dan juga jas. Sementara itu, kalau kamu bekerja di startup atau perusahaan kreatif, maka berpakaianlah dengan outfit yang lebih informal. Misalnya: celana jins berpadu kaus dan sweater, atau model outfit lain yang serupa.

3.     Jagalah Kerapian

Selain memerhatikan pakaian, kamu juga harus memerhatikan kerapian dirimu. Mulai dari kerapian pakaian hingga meja kerja harus kamu perhatikan baik-baik. Terlepas apa pun pakaian yang dikenakan (pakaian formal atau santai), pastikan kalau pakaian yang dikenakan terlihat rapi di mata orang lain. Ya, setidaknya jangan terlihat kusut, lah. Jadi, sebelum kamu pakai pakaianmu, pastikan untuk menyetrikanya terlebih dulu. Tatalah meja kerjamu serapi mungkin, baik sebelum hingga setelah bekerja. Selain terlihat lebih rapi, meja kerja yang rapi juga bisa bikin kerjamu nyaman.

4.     Memisahkan Kehidupan Pribadi dengan Urusan Pekerjaan

Karyawan terkadang sulit sekali memisahkan kehidupan pribadinya dengan pekerjaan yang tengah urusi. Bila ingin kariermu meningkat, maka cobalah untuk memisahkan kehidupan pribadu dengan urusan pekerjaanmu. Untuk menerapkan etika di tempat kerja ini, kamu bisa melakukannya dengan tidak memikirkan kehidupan atau masalah pribadimu saat bekerja. Jadi, saat tengah sibuk dengan kerjaan, cobalah untuk memfokuskan pikiranmu pada pekerjaanmu.

5.     Jadilah Pribadi yang Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab merupakan sikap positif sekaligus etika di tempat kerja yang baik. Bila ingin kariermu meningkat, maka etika di tempat kerja ini juga patut kamu terapkan. Ada banyak bentuk sikap tanggung jawab yang bisa kamu lakukan. Misalnya: bila kamu diberi kepercayan untuk mengerjakan suatu project, maka kamu harus bertanggung jawab dengan cara mengerjakan project tersebut dengan sebaik-baiknya. Kamu juga harus bertanggung jawab juga dengan hasil project yang kamu garap nanti, terlepas hasilnya baik atau malah gagal total. Dan bila gagal total, janganlah cari-cari alasan. Tapi, evaluasilah dan perbaikilah untuk ke depannya.

Nah, itulah etika di tempat kerja yang mesti kamu terapkan. Semoga kamu bisa mendapatkan dampak positif kala menerapkan etika di tempat kerja.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar