Logo Eventkampus

Mahasiswa UGM Ikuti Pertukaran Mahasiswa di Malaysia

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa UGM Ikuti Pertukaran Mahasiswa di Malaysia

Sebanyak delapan mahasiswa Fakultas Biologi UGM mengikuti program pertukaran mahasiswa ke  Fakulti Sains Gunaan dan Teknologi University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).

Kedelapan mahasiswa tersebut telah menjalani program pertukaran pelajar mulai 17 September 2019 hingga 16 Januari 2020. Mereka adalah Amru Rizal Basri, Andra Carel Nicolla, Azya Naurah Sumakhalda, Elvian Indah Nilamsari, Nabilla Adristiningrum Djide, Nina Mutiara Calvaryni, Renata Adaranyssa Egistha Putri, dan Valensika Ayuni Endarsusila. Seluruh mahasiswa Fakultas Biologi tersebut berasal dari angkatan tahun 2017.

Dekan Fakultas Biologi, Prof. Dr. Budi Setiyadi Daryono, M.Agr., Sc., menyampaikan program yang diikuti mahasiswanya tersebut merupakan program tahunan dan berlangsung selama satu semester. Program studi yang diikuti adalah Biodiversity and Conservation. 

“Pada periode 2019/2020 merupakan program yang kedua kalinya. Pada tahun pertama pelaksanaan di periode 2018/2019, hanya 3 mahasiswa yang mengikuti program ini,” jelasnya, Jumat (7/2).

Selama mengikuti program ini mahasiswa juga berkesempatan untuk mengikuti dan merasakan metode pembelajaran baru. Salah satunya mengikuti program Collaborative Online Iinternational Learning (COIL). COIL merupakan program kolaborasi UTHM dengan Glenville State College (Amerika Serikat) dan Southern Luzon State University (Filipina) dalam melakukan diskusi antar mahasiswanya mengenai biodiversitas di tiga negara tersebut.

Disamping mengikuti perkuliahan di kelas, mahasiswa UGM mendapatkan kesempatan melakukan fieldtrip ke Taman Negara Johor Endau Rompin (TNJER). Selama fieldtrip mahasiswa diberikan materi mengenai TNJER, karakteristik dari lowland tropical rainforest, pentingnya serangga dan cara bertahan hidup dalam hutan hujan tropis.  Dalam kegiatan tersebut turut dilakukan demonstrasi menangkap serangga, praktik menangkap katak, dan observasi burung.

Salah satu peserta program pertukaran mahasiswa Fakultas Biologi UGM, Renata, mengungkapkan mendapatkan banyak pengalaman dari keikutsertaan pada program pertukaran mahasiswa ini. Menurutnya, program pertukaran mahasiswa ini merupakan program yang sangat bermanfaat baik bagi mahasiswa maupun fakultas.

“Bagi kami, program ini menjadi pengalaman yang luar biasa karena dapat merasakan atmosfer perkuliahan di luar negeri sedangkan bagi fakultas akan tercipta sinergitas dan kerja sama antar keduanya,”.(Humas UGM/Ika)

 



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/19000-mahasiswa-ugm-ikuti-pertukaran-mahasiswa-di-malaysia

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Fahmi Raih Penghargaan Pemuda Difabel Berprestasi dari Menpora
31 Oktober 2019
Integritas Tiket Menjadi Pemimpin
20 November 2019
Gagas Penanganan Kebakaran Hutan, Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi Rekinnovation
09 Januari 2020
Revitalisasi Anggrek sebagai Kekayaan Hayati Indonesia
21 Januari 2020
Mahasiswa UGM Terpilih Jadi Duta Museum DIY 2020
12 Februari 2020
Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Social Distancing
23 Maret 2020

Komentar