Logo Eventkampus

Tips Untuk Pelajar

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Tips Untuk Pelajar

TIPS MENABUNG UNTUK PARA PELAJAR

 

Sebagai seorang pelajar SMA yang masuk pada fase remaja tentu terkadang hasrat untuk membeli sesuatu sedang sering terjadi. Akan tetapi bagi seorang pelajar untuk dapat membeli apa yang diinginkan terkadang butuh perjuangan. Hal ini dikarenakan pelajar belum memiliki penghasilan selain dari uang saku sekolah dan belum tahu cara menabung yang baik.

satunya cara untuk dapat membeli apa yang diinginkan adalah dengan menabung. Akan tetapi menabung pun bukan masalah yang mudah dipecahkan, terkadang sudah menabung tapi uang tak kunjung terkumpul, alhasil barang yang diinginkan tak kunjung dimiliki. Bagi Anda para pelajar SMA yang sedang bertekad kuat untuk menabung, berikut adalah cara menabung yang baik bagi anak sma yang dapat Anda coba mulai besok.

  • Menentukan Alasan Menabung

Hal yang menjadi dasar untuk menabung adalah alasannya, dengan Anda memikirkan alasan mengapa Anda harus menabung, untuk apa uang tersebut akan dipergunakan hal itu dapat memotivasi Anda untuk konsisten menyisihkan uang Anda. Dengan adanya target yang ingin Anda capai Anda juga dapat menjadi lebih semangat untuk mengumpulkan uang tersebut, misalnya Anda menabung karena ingin membeli sepatu baru, hal tersebut akan memotivasi Anda untuk uang guna memperoleh target yang Anda inginkan.

  • Menyisihkan Uang Jajan

Jika Anda seorang pelajar, tentu masih sulit untuk mendapatkan pekerjaan tambahan untuk dapat dikumpulkan, salah satu cara paling efektif adalah dengan menyisihkan uang jajan Anda, Anda dapat mencoba cara untuk menyisihkan uang misalnya dari awal Anda berangkat sekolah Anda hanya membawa separuh uang jajan Anda, separuh lagi Anda simpan di rumah. Cara ini dapat menjadi cara menabung yang baik karena Anda mau tidak mau tidak dapat menggunakan uang lebih dari uang yang Anda bawa.

  • Jangan Malu Membawa Bekal

Jika Anda berniat untuk menabung maka jangan pernah malu untuk membawa makanan dan minuman ke sekolah, saat jam makan siang Anda tidak perlu membeli makan di kantin Anda dapat menggunakan uang makan Anda untuk di tabung karena Anda sudah memiliki bekal makan dan minum, sebenarnya untuk membawa makanan ke sekolah lazim dilakukan pelajar di jepang, mereka biasa membawa bekal makanan. Mereka akan makan bekal bersama teman teman lain. Cara itu dapat Anda tiru supaya Anda dapat menghemat uang untuk di tabung.

Jika sudah membawa makan dan minum tahanlah nafsu anda untuk membeli makanan ringan, karena bisa jadi uang yang tak terpakai untuk membeli makanan berat justru terpakai untuk membeli makanan ringan, seperti camilan, minuman dingin, atau makanan ringan lain.

  •  Jangan Tergoda Untuk Membeli Sesuatu yang Tidak Dibutuhkan.

Sebagai seorang remaja pasti Anda mulai tertarik untuk membeli sesuatu bagi anak perempuan masa SMA adalah masa dimana Anda mulai ingin berpakaian rapi, membeli barang-barang yang lucu atau bagi anak laki-laki pun mungkin sudah ada ketertarikan untuk membeli pakaian entah kaos, kemeja atau jaket atau buku bacaan seperti komik, namun saat Anda ingin mulai menabung.

Tahanlah keinginan Anda terlebih dahulu, ingat tujuan Anda untuk mengumpulkan uang, jangan membeli sesuatu yang tidak ada pada daftar mengapa Anda perlu untuk menabung. Fokus pada tujuan Anda, jika ingin membeli sesuatu pastikan itu karena kebutuhan Anda bukan keinginan Anda. Jika Anda menuruti keinginan Anda maka uang yang Anda tabung tidak akan bertambah atau bisa jadi justru semakin berkurang karena Anda menggunakan uang tersebut untuk sesuatu yang tidak diperlukan.

Penulis

foto Cahyo Bagus Putro Pratomo
Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

Tips Menghemat Saat Berbelanja
30 Januari 2020
Ingin Lebih Hemat?
28 Februari 2020
Cara Mudah Menghemat Data Internet Untuk Nonton YouTube, Mau Tahu Nggak?
03 Maret 2020

Komentar