Logo Eventkampus

Ingin Lebih Hemat?

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Ingin Lebih Hemat?

Perilaku hemat adalah dimana seseorang tidak menghambur hamburkan uang atau menggunakan uang dan barang dengan hati hati sehingga tidak menimbulkan pemborosan.

Berikut perilaku yang membuat anda lebih hemat.

1. Prioritas: Kebutuhan dan keinginan

Hal ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dalam menekan pengeluaran Anda. Jadwalkan belanja dengan daftar yang pasti akan Anda gunakan setiap bulannya. Jangan memasukkan barang atau hal-hal yang bersifat keinginan ke dalam daftar prioritas. Prioritaskanlah barang yang dibutuhkan dari pada keinginan

2. Pengeluaran < Pendapatan

 Usahakan Anda tidak perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan yang setiap waktunya mempengaruhi kelangsungan hidup Anda. Kebiasaan berhutang juga tidak baik karena menimbulkan perasaan tidak tenang, selalu cemas, serta gelisah.

3. Menjaga Kesehatan

Salah satu cara hidup hemat adalah dengan senantiasa menjaga kesehatan. Pola hidup sehat akan meminimalisir Anda terkena penyakit yang membutuhkan bantuan dokter untuk menanganinya. 

Jelas ketika Anda menggunakan jasa dokter Anda akan membutuhkan pengeluaran yang jumlahnya relatif tidak sedikit. 

4. Bijak Dalam Berbelanja

Kecenderungan Anda untuk membeli barang-barang yang bukan kebutuhan semakin tinggi. Hal yang perlu disadari di sisi lain ialah dengan menjual jasa, mereka mematok harga yang lebih tinggi untuk sebuah barang yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan  lebih murah di tempat lain, misalnya di pasar.

Karena itu biasakanlah berperilaku bijak dalam berbelanja karena itu akan memebuat anda lebih hemat dalam menggunakan uang.

5. Fasilitas Berlibur Murah

 Anda bisa berhemat ketika berlibur dengan membeli tiket penerbangan dengan harga promo. Karena saat promo akan membuat anda sesikit mengeluarkan uang.

6. Membawa Bekal

.Hemat pangkal kaya dan hal ini dimulai dari kebiasaan kecil. Bawalah selalu bekal yang disiapkan dari rumah 

Selain menghemat pengeluaran Anda, membawa bekal dari rumah sudah lebih jelas kebersihan dan gizinya.

7. Membeli barang-barang Investasi

Anda merasa memiliki uang lebih dan menyadari bahwa Anda tidak cukup ‘kuat’ untuk membawa banyak dana? Jika memang begitu, Anda bisa mengalihkan dana cair Anda menjadi bentuk barang yang memiliki nilai investasi seperti emas dan tanah. Dua barang ini merupakan contoh barang investasi dengan kemungkinan rugi yang sangat kecil dan jarang mengalami penurunan nilai, apalagi harga tanah. Hal ini bisa membantu Anda untuk memperkecil jumlah dana cair yang siap pakai dan berpotensi bisa langsung dibelanjakan.

8. Menerapkan Pola Hidup Sederhana

 Pola hidup sederhana adalah cara yang paling ampuh dalam mempertahankan kekayaan sekaligus menjadi pola hidup terbaik yang paling cocok dengan sikap hidup hemat. Karena pola hidup sederhana akan membuat anda lebih hemat akan pengeluaran uang dan tidak membeli barang-barang yang tidak perlu.

9. Disiplin Dalam Menabung

Kebiasaan disiplin dalam menabung merupakan sikap yang bersifat wajib dalam mewujudkan pola hidup hemat. Dengan menabung dapat memenuhi kebutuhan anda di haeibyang akan datang.

Semoga Bermanfaat :)

Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

Tips Menghemat Saat Berbelanja
30 Januari 2020
Tips Untuk Pelajar
21 Februari 2020
Cara Mudah Menghemat Data Internet Untuk Nonton YouTube, Mau Tahu Nggak?
03 Maret 2020

Komentar