Logo Eventkampus

Tips Menghemat Saat Berbelanja

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Menghemat Saat Berbelanja

Dalam kehidupan sehari-hari, belanja kebutuhan bisa dibilang menjadi salah satu hal yang paling mutlak dipenuhi. Apalagi ketika sudah berkeluarga, tentunya kalian dituntut untuk mampu hidup hemat. Hal ini sangat penting dilakukan, karena belanja nantinya akan membantu kita memberikan lebih banyak ruang uang untuk digunakan pada sektor lain yang sifatnya mendesak. Dan berikut beberapa tips agar saat berbelanja kita bisa menghemat pengeluaran:

1.      Membawa Budget Pas Sesuai Kebutuhan

Ketika sudah mulai berbelanja, jangan bawa uang terlalu banyak di dalam dompet. Bawalah uang secukupnya sesuai dengan daftar belanja yang sudah dibuat. Agar kalian bisa fokus untuk memenuhi kebutuhan utama yang sudah dibuat dalam daftar belanja lebih dulu.

2.      Cek Dahulu Harga Sebelum dan Sesudah Diskon

Pastinya kalian akan tergiur saat melihat tanda diskon. Tapi pastikan dahulu, apakah harga yang dijual sebelum diskon dan sesudah diskon adalah harga sebenarnya? Hal ini kalian lakukan agar pengeluaran tidak melebar.

3.      Membuat Daftar Belanja

Sebelum pergi ke swalayan atau pasar, buatlah daftar barang yang akan dibeli. Tujuannya, dengan membuat daftar tersebut, kalian akan terhindar dari membeli barang yang tidak perlu dan malah lupa tidak membeli barang yang dibutuhkan.

4.      Disiplin Dengan Daftar Belanja yang Sudah Dibuat

Tujuan dari membuat daftar belanja adalah agar terhindar dari membeli barang yang tidak perlu. Sangat diperlukan kedisiplinan dari orang yang berbelanja agar tujuan yang sudah dibuat dalam daftar belanja bisa lebih dirasakan. Kalaupun mau membeli barang yang ada di luar rencana, lakukan ketika semua barang utama sudah berhasil terbeli. Setelah itu, barulah kalian bisa berpikir untuk membeli barang lain.

5.      Hindari Pembayaran Dengan Kartu Kredit Atau Debit

Sebaiknya kalian membayar memakai uang tunai. Karena bila membayar dengan menggunakan kartu kredit dan kartu debit, justru akan memungkinkan kalian merogoh kocek lagi untuk menambah rencana pengeluaran yang sudah ada.

6.      Membeli Bahan Makanan Dalam Jumlah Banyak

Jika dalam daftar menu ada beberapa bahan yang sama, belilah dalam jumlah yang banyak karena harganya pasti lebih murah.

7.      Langsung Pulang Setelah Belanja

Jika sudah selesai belanja barang dengan anggaran yang sudah direncanakan. Jangan jalan-jalan atau cuci mata di sekitar tempat itu, melainkan langsung pulang. Karena berkeliling justru akan membuat kalian jadi tertarik dengan barang-barang lain yang seharusnya tidak dibeli.

Nah, itulah beberapa tips agar pada saat berbelanja dapat menghemat dan membeli barang barang seperlunya saja. Semoga info ini membantu ya!!

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Tips Untuk Pelajar
21 Februari 2020
Ingin Lebih Hemat?
28 Februari 2020
Cara Mudah Menghemat Data Internet Untuk Nonton YouTube, Mau Tahu Nggak?
03 Maret 2020

Komentar