Logo Eventkampus

Manfaat Daun Walang Sangit:

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Walang Sangit:

Manfaat daun walang sangit ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Bagi kebanyakan orang, selama ini daun walang identik dengan tanaman yang biasa dijadikan campuran umpan untuk mancing ikan nila.


Daun walang memiliki aroma bau yang mirip dengan binatang walang sangit apabila diremas. Aroma tersebut kuat sekali menusuk hidung. Saking bau, jika terkena tangan baunya akan hilang cukup lama. Kendati baunya tidak sedap dan kerap disepelekan, namun manfaat daun walang sangit ternyata sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.Berikut ini beberapa manfaat daun walang sangit untuk kesehatan tubuh: 

1. Menghilangkan Bau Di Badan

Meski daun walang sangit memiliki bau yang tidak sedap, ternyata daun walang sangit ampuh menghilangkan bau badan. Hal tersebut karena daun walang sangit mengandung aldehid yang dapat menghilangkan bau badan.

Untuk merasakan khasiatnya, Anda cukup merebus beberapa lembar daun walang walang sangit dengan air secukupnya hingga mendidih. Lalu tunggu air rebusan hingga dingin, lalu minum secara rutin dan rasakan bedanya. Bau badan anda akan sedikit demi sedikit menghilang.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Daun walang sangit mengandung vitamin A yang cukup tinggi, daun walang sangit sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun walang sangit ketiga yaitu mampu mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin dan berbagai mineral yang ada pada daun walang sangit berperan menjaga kesehatan pada kulit anda. Tak hanya mencegah kerusakan sel kulit, daun walang sangit juga mampu mencegah penuaan dini, mengatasi kulit kusam, menghilangkan kulit keriput dan sebagainya.

4. Menjaga Kekebalan Tubuh

Berbagai kandungan vitamin yang cukup tinggi pada daun walang sangit, berperan aktif dalam menjaga kekebalan dan vitalitas tubuh kita. Cobalah rutin minum rebusan daun walang untuk mendapatkan khasiatnya.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun walang sangit selain baik untuk kesehatan, juga dipercaya ampuh menjadi obat penambah nafsu makan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Clinical Of Food & Nutrition pada tahun 2001, menyebutkan bahwa kandungan momordicin dan asam trichosanic pada daun walang sangit berperan menambah nafsu makan anda.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah

Dengan konsumsi daun walang sangit secara tepat dan teratur, sirkulasi darah pada tubuh anda akan lebih lancar. Daun walang sangit mengandung berbagai vitamin seperti zat besi dan fosfor, yang dapat melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar tentu akan membuat tubuh kita lebih sehat. Dengan sirkulasi darah yang lancar, organ-organ tubuh tidak akan mudah terganggu.

7. Menjaga Kekuatan Tulang

Daun walang sangit ternyata juga mampu menjaga dan menyehatkan kekuatan tulang. Kandungan kalsium, fosfor dan magnesium, pada daun walang sangat ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang anda.

Itu tadi beberapa manfaat dari daun walang sangit, semoga bermanfaat 🙏

Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Artikel Terkait

Khasiat tumbuhan putri malu
29 Januari 2020

Komentar