Logo Eventkampus

Khasiat tumbuhan putri malu

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Khasiat tumbuhan putri malu

Sebagian dari kita saat kecil mungkin suka memainkan daun ini, yang tumbuh liar di semak belukar di pinggir jalan atau di tanah lapang. Daun ini akan menutup begitu tersentuh seperti menggambarkan perasaan malu.

Flora ini memang memiliki sensitivitas terhadap rangsangan, maka dari itu tanaman ini dinamakan putri malu. Putri malu meski dianggap tumbuhan liar, ternyata banyak memiliki manfaat loh. Berikut adalah manfaat putri malu untuk kesehatan, dilansir dari berbagai sumber.

Menyembuhkan luka penderita diabetes

Tumbuhan ini bisa menyembuhkan luka pada penderita diabetes, pasalnya menurut hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Akar pada tanaman ini memiliki ekstrak kloroform yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka akibat penyakit gula berlebih.

Menyembuhkan batuk

Tanaman putri malu, bila dikonsumsi secara rutin bisa menjadi solusi batuk yang disertai dengan dahak. Caranya dengan merebus garam dan juga daun putri malu selama 10 hingga 15 menit.

Setelah matang bisa langsung diminum dalam keadaan hangat. Tak hanya batuk, ramuan rebusan tersebut juga ampuh menyembuhkan flu dan gangguan pernafasan lainnya.

Mengatasi insomnia

Bagi kamu yang bermasalah dengan tidur atau insomnia, kandungan pada daun putri malu mampu mengatasi tidur. Dengan cara merebus daunnya sebanyak 50 Gram, dan diminum beberapa menit saat ingin pergi tidur.

Menghentikan pendarahan dan infeksi

Tanaman putri malu menggandung senyawa tanin dan juga sumber antioksidan, yang baik untuk menghentikan resiko pendarahan berlebih juga proses pembentukan jaringan kulit yang baru, yang terdapat pada bubuk pada tanaman tersebut.

Mengatasi demam

Kandungan pada tumbuhan ini ampuh mengontrol suhu tubuh yang sedang tinggi atau demam menjadi kembali normal. Tak hanya itu bila kamu sedang mengigil, keringat dingin atau pun pusing, bisa segera mengkonsumsi ini. Dengan cara menumbuk daunnya, merebus dalam beberapa menit dan menumumnya. 

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
10 Juli 2018
Jadi Favorit Sebagian Orang, Ternyata Mengkonsumsi Terong Setiap Hari Punya Sisi Buruk Bagi
03 Agustus 2018
Manfaat Daun Krokot
17 Januari 2020
Rajin Konsumsi Ramuan Seledri Bisa Obati 5 Penyakit Ini. Mujarab Banget!
24 Januari 2020
Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh
17 Februari 2020
Manfaat Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan
06 Maret 2020

Komentar