Logo Eventkampus

Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Selada air adalah jenis tanaman sayuran yang dapat tumbuh secara kronis dan memiliki sifat akuatik atau semi akuatik. Untuk menjaga kesegaran sayuran ini, harus direndam dalam air selama penyimpanan di lemari es.

Lalu apakah kamu tahu apa saja khasiat daun selada buat kesehatan? Sayuran segar ini rupanya menawarkan berbagai nutrisi penting, lho. Berikut adalah berbagai macam manfaat daun selada untuk kesehatan tubuh kamu:

1.     Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Selada air memiliki beberapa manfaat vaskular. Ini termasuk menurunkan tekanan darah, menghambat agregasi trombosit dan mempertahankan atau meningkatkan disfungsi endotel.

2.     Dapat Mengatasi Insomnia

Cairan putih yang keluar dari daun selada ketika dipotong ini disebut lactucarium. Cairan ini memiliki sifat yang membuat kita rileks, mirip dengan opium tetapi tanpa efek samping yang kuat. Cukup makan beberapa daun atau minum jus selada dapat mengatasi insomnia.

3.     Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan C bisa membuat kulit semakin sehat, kenyal, dan kencang. Tak hanya itu, Manfaa selada yang kaya kandungan air akan membuat kulit terjaga kelembapan alaminya.

4.     Dapat Mengatasi Penyakit Alzheimer

Kadar vitamin K dalam selada air mengurangi risiko kerusakan saraf di otak, sehingga selada air dapat berperan dalam pengobatan pasien dengan penyakit Alzheimer.

5.     Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun selada mengandung serat dan selulosa. Manfaat daun selada dapat melancarkan pencernaan. Serat juga membantu mengeluarkan garam empedu dari tubuh. Ketika tubuh menggantikan garam-garam ini, ia menguraikan kolesterol untuk melakukannya. Inilah mengapa selada juga baik untuk hati.

6.     Dapat Menyehatkan Jantung

Tingginya kadar asam folat pada daun selada bisa membuat kita menurunkan risiko terkena stroke, penyakit arteri koroner, hingga emboli pada paru-paru. Kandungan vitamin A dan C pada selada juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah datangnya penyakit jantung.

7.     Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin dalam selada mampu memperkuat sel imun tubuh sehingga akan lebih baik dalam melawan berbagai virus dan kuman penyebab penyakit. Sebagai contoh, vitamin A bisa mengatasi peradangan, infeksi, hingga kerusakan sel pada tubuh.

8.     Dapat Membuang Racun

Mineral dalam selada membantu membuang racun dan menjaga keseimbangan asam atau basa. Setelah seimbang pada tingkat ini ada sejumlah manfaat termasuk energi yang lebih besar, lebih jernih berpikir, tidur nyenyak, dan meremajakan kulit.

Nah, itulah manfaat daun salada bagi kesahatan. Mulai sekarang, yuk rutin menambahkan selada pada makanan siang kamu. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
06 Juli 2018
20 Manfaat Memelihara Kucing Kucing termasuk hewan kesayangan Rasulullah SAW. Sebagai salah satu c
03 Agustus 2018
Manfaat Kersen atau Talok
24 Januari 2020
Manfaat Jeruk Purut
03 Februari 2020
Manfaat bunga teratai
27 Februari 2020

Komentar