Logo Eventkampus

Manfaat Daun Bawang

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Bawang

Kebanyakan orang pasti mengenal daun bawang yang digunakan sebagai pelengkap masakan. Ukurannya yang keclil juga sering disepelekan oleh banyak orang, padahal daun bawang memiliki banyak manfaat, lho.

 

Mengonsumsi daun bawang dianjurkan bagi anda yang ingin diet atau memiliki tubuh sehat, karena flavonoid yang terdapat di dalam daun bawang memiliki kombinasi yang unik serta nutrisi yang mengandung belerang. Lantas, apa saja sih manfaat mengonsumsi daun bawang ini ?

 

1.      KAYA ANTIOKSIDAN

Apabila kita memiliki kekebalan tubuh yang kuat pasti kita tidak akan mudah saki. Salah satu asupan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah daun bawang.Dikarenakan daun bawang memiliki kandungan allicin seperti senyawa belerang yang memiliki fungsi sama seperti halnya vitamin c dalam buah jeruk.

 

2.      BAIK UNTUK KESEHATAN JANTUNG

Senyawa yang terkandung dalam daun bawang yang bernama cycloaliin. Senyawa tersebut dapat mengencerkan darah dan mencegah penyakit jantung, dan untuk mengurangi penyakit seperti aterosklerosis (penyakit akibat penumpukan plak pada pembuluh darah).

 

3.      KANDUNGAN ASAM FOLAT YANG TINGGI

Daun bawang mengandung asam folat yang dibutuhkan bumil lho, untuk meningkatkan perkembangan bayi di dalam janin.Demi menjaga kelancaran masa kehamilan, daun bawang bisa dimasukkan ke dalam menu sehari-hari.

 

4.      BAIK UNTUK KESEHATAN PENCERNAAN

Serat yang terkandung dalam daun bawang cukup tinggi. Apabila sering terkena sembelit kita dapat mengonsumsi daun bawang secara rutin.

 

5.      PENCEGAH ANEMIA

Daun bawang memiliki kandungan berupa zat besi yang berguna untuk menjaga kesehatan sel darah merah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun bawang kita dapat terhindar darianemia (kekurangan darah), meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan bisa memperkuat jaringan di tubuh.

 

 

6.      PENJAGA KADAR GULA

Daun bawang memiliki kandungnaphyto-kimia yang ada pada daun bawang, yakni allium dan alil disulfida dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Apabila kita suka makan dan minum manis kita harus mengimbanginya dengan cara mengonsumsi daun bawang ini.

 

7.      MENGURANGI RISIKO STRESS

Apabila merasa tidur kalin kurang baik, kita dapat mengatasinya dengan cara mengonsumsi daun bawang ini.

 

Nah, diatas tadi merupakan beberapa manfaat dari daun bawang. Jadi sekarang lebih konsumsi daun bawang ya !

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

OBAT HERBAL TIPES
29 Maret 2018
Manfaat mengejutkan dari makan pisang mentah
17 Juli 2018
Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
09 Januari 2020
Khasiat Rutin Minum Rebusan Asam Jawa
24 Januari 2020
7 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
30 Januari 2020
manfaat daun Bidara
26 Februari 2020

Komentar