Logo Eventkampus

Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan

    Rutinitas minum air hangat sebelum tidur mungkin sudah sering Anda lakukan. Saat Anda sedang sedih, rekan Anda juga bisa saja menawarkan segelas air hangat guna menenangkan Anda. Ternyata tindakan tersebut bukannya tidak beralasan. Banyak sekali manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental. Apa sajakah manfaat tersebut?

       Ragam manfaat minuman air hangat ini bukan hal sepele. Mengonsumsi segelas air hangat terlihat sebagai kegiatan yang simpel. Namun manfaat minum air hangat tidak sesederhana dalam menyiapkannya. Berikut ini aneka khasiat dan manfaat minum air hangat yang mungkin tak pernah Anda sangka seperti di bawah ini:


1. Meredakan gejala pilek

Dari kecil, orang tua biasa menyuruh Anda untuk minum air hangat saat terkena kondisi pilek. Tindakan ini ternyata memang bermanfaat. Salah satu manfaat minum air hangat yang sudah termasyhur adalah meredakan gejala pilek. Misalnya, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Kebaikan tersebut muncul berkat uap air hangat. Uap ini akan membuat lendir lebih mudah bergerak, sehingga Anda lebih gampang untuk mengeluarkannya.



2. Menenangkan sistem saraf pusat

Minum air hangat juga memengaruhi sistem saraf pusat serta membantu melumasi tubuh. Sistem saraf pusat yang tenang dan sehat akan membuat rasa nyeri berkurang, dan menurunkan rasa panik.


3. Meringankan stres

Khasiat air hangat tak hanya untuk kesehatan. Minum air hangat juga bermanfaat untuk kondisi psikologis Anda. Karena menenangkan sistem saraf pusat, rasa cemas dan stres yang mendera pun dapat berkurang berkat berkat minum air hangat. Luar biasa, bukan? Manfaat minum air hangat untuk menurunkan stres ini bisa Anda optimalkan dengan mencampurkan susu ke dalamnya.


4. Melancarkan aliran darah

Air hangat memiliki fungsi sebagai vasodilator. Ini berarti, air hangat bisa membantu dalam melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah pun dapat menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar dapat membuat otot rileks serta mengurangi nyeri. Efeknya sama seperti saat Anda mandi menggunakan air hangat.


5. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat minum air hangat dengan rutin juga dirasakan oleh sistem pencernaan, dengan membantu usus berkontraksi. Kontraksi usus dapat mengeluarkan sisa-sisa pencernaan yang tak lagi dibutuhkan tubuh. Saat Anda mengalami kondisi sembelit pun, meminum segelas air hangat dapat meringankan gejalanya.


6. Berpotensi mengeluarkan racun dari tubuh

Daripada Anda mengocek kantong lebih dalam untuk membeli produk detoks yang belum dijamin kebenarannya, Anda lebih disarankan untuk rutin minum air hangat. Menurut ahli kesehatan alami, minum air hangat dapat membuat Anda berkeringat. Keringat bisa membawa racun ke luar tubuh dan membersihkan pori-pori kulit.


7. Diyakini mampu menurunkan berat badan

Apa Anda sedang berusaha menurunkan bobot? Cobalah untuk mulai rutin minum air hangat. Manfaat minum air hangat lainnya adalah menurunkan berat badan. Air hangat yang masuk ke tubuh memancing penurunan suhu tubuh, yang kemudian membuat metabolisme tubuh menjadi lebih aktif. Hidup sehat bisa Anda awali dengan hal-hal mudah, termasuk dengan minum air hangat. Anda bisa rutin mengonsumsi air hangat setiap bangun tidur atau di malam hari sebelum beristirahat. Walau begitu, pastikan suhu air yang minum tidak terlalu panas.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

6 Cara sederhana namun efektif untuk hentikan cegukan
06 Juli 2018
6 Manfaat Kumur Air Garam Saat Sakit Gigi
03 Agustus 2018
Manfaat Kencur bagi Kesehatan
24 Januari 2020
Manfaat Kacang Hijau
05 Februari 2020
Manfaat buah kersen(talok) untuk kesehatan
28 Februari 2020

Komentar