Logo Eventkampus

10 Universitas Yang Ada Di Kota Solo

access_time | label Ngampus
Bagikan artikel ini
10 Universitas Yang Ada Di Kota Solo

Selain sebagai tujuan wisata dan belanja, Solo juga terdapat banyak kampus yang dapat dijadikan sebagai tempat belajar. Universitas yang ada di Solo tersebar diberbagai tempat, terdiri dari satu universitas negeri dan 9 universitas yang dikelola oleh swasta. Untuk biaya kuliah di sini, sebagian besar kampus memiliki standar harga yang cukup ramah dengan kantong, hal ini juga didukung dengan biaya hidup di Solo yang murah meriah.Berikut Ini 10 Universitas yang ada di kota Solo: 

1. Universitas Sebelas Maret (UNS) 

Universitas Sebelas Maret berdiri pada 11 maret 1976, yang awalnya merupakan gabungan dari 5 perguruan tinggi yang ada di Surakarta. Pengabungan beberapa perguruan tinggi tersebut, mempunyai satu tujuan yakni meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Surakarta. Hingga kini Universitas Sebelas Maret Surakarta menjadi satu-satunya universitas negeri yang ada di Kota Solo. 

Universitas sebelas maret memiliki 9 fakultas diantaranya Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FE), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Hukum (FH).

2. Universitas Setia Budi ( USB) 

Universitas Setia Budi Surakarta resmi berdiri pada tanggal 11 November 1997, saat ini USB memiliki lima fakultas yang terdiri dari Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi.

3. Universitas Tunas Pembangunan ( UTP) 

UTP Surakarta merupakan Perguruan Tinggi Masyarakat didirikan pada tanggal 17 Juli 1980 oleh para eks Tentara Pelajar Brigrader 17 Surakarta yang tergabung dalam Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan. UTP Surakarta mempunyai dua kampus. Kampus I dipergunakan untuk Kantor Rektorat dan Fakultas Pertanian, dan di Kampus II untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Saat ini UTP Surakarta memiliki empat Fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

4. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) 

UTP Surakarta merupakan Perguruan Tinggi Masyarakat didirikan pada tanggal 17 Juli 1980 oleh para eks Tentara Pelajar Brigrader 17 Surakarta yang tergabung dalam Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan. UTP Surakarta mempunyai dua kampus. Kampus I dipergunakan untuk Kantor Rektorat dan Fakultas Pertanian, dan di Kampus II untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Saat ini UTP Surakarta memiliki empat Fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

5. Universitas Nahdlatul Ulama ( UNU) 

Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta  diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Islam Nahdlatul Ulama Surakarta, berdiri berdasarkan Akte Notaris tanggal 2 Agustus 1960. Salah satu universitas yang dikelola oleh orma besar Nahdlatul Ulama ini terdiri dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Ekonomi dan Prog. Pascasarjana  Magister Pendidikan Islam (MPI). 

6. Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) 

Universitas  Slamet  Riyadi  berdiri pada tanggal 21 Juni 1980,  ini  mengacu  pada  tanggal  pendirian Yayasan Perguruan Tinggi  (YPT) Slamet Riyadi Surakarta. Namun secara defakto, Universitas Slamet Riyadi   sudah ada sejak tahun 1977 yaitu saat Universitas   Slamet   Riyadi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Surakarta Hadiningrat (YPSH) yang didirikan pada tanggal 20 Juni 1977. Universitas Slamet Riyadi saat itu memiliki 6 fakultas dan satu program Pasca Sarjana. Adapun fakultas di UNISRI diantaranya adalah Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Dan Industri Pangan.

7. Universitas Islam Batik (UNIBA) 

Berdiri 30 Juli 1983 dengan nama Universitas Islam Kyai Mojo (UIM), pada mulanya, universitas ini merupakan penggabungan dari AAM Batik Surakarta dengan Universitas Islam Surakarta (UNIS). Dengan beberapa pertimbangan pada tanggal 28 Maret 1989 namanya diganti menjadi UNIBA Surakarta, Di Universitas Batik Surakarta terdapat tiga fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian dan Pascasarjana.

8. Universitas Surakarta (UNSA) 

Universitas Surakarta (UNSA) adalah pengembangan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Solo dibawah pengelolaan “Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta (YPTS)”.  STIA yang berdiri sejak tanggal 27 Nopember 1995 akhirnya berubah menjadi Universitas Surakarta (UNSA) pada tanggal 22 Oktober 1998. Beberapa fakultas yang ada di UNSA diantaranya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi, FakultasTeknik, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra dan Bahasa, Fakultas Tekni Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

9. Universitas Kristen Surakarta (UKS) 

Sebagai embrio Universitas Kristen Surakarta adalah Institut Agama Kristen Surakarta (IAKS). IAKS berdiri pada tanggal 25 Agustus 1983 berdiri dibawah YPTK Wolter Monginsidi. Pada tanggal 1 Juli 1991 IAKS berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen Surakarta (STAKS). Secara resmi Universitas Kristen Surakarta berdiri dan operasional pada tanggal 18 Juni 1996. Saat ini, UKS terdiri dari Fakultas Teologia, Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi.

10. Universitas Sahid Surakarta (USAHID) 

Universitas Sahid Surakarta didirikan Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya, didirikan pada tanggal 17 desember 1997. Program studi yang ada di Universitas Sahid Surakarta diantaranya adalah Prodi Keperawatan, Psikologi, Desain Komunikasi Visual, Interior, Komunikasi, Ilmu Administrasi Bisnis, Informatika, Progrm Profesi Ners, dan Industri.

Nah itu tadi 10 Universitas yang ada di kota Solo, semoga bermanfaat 🙏

Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Artikel Terkait

Mahasiswa UGM Kembangkan Gamelan Untuk Tuna Netra
06 Juni 2017
UGM Jalin Kerja Sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia
09 Juni 2017
17 Perguruan Tinggi Indonesia yang Masuk Peringkat Terbaik Asia
20 Oktober 2017
SEMINAR PROPERTI SYARIAH : Menjadi Entrepreneur Melalui Investasi dalam Properti Syariah
15 Mei 2018
5 Universitas Negeri Yang Ada Di Kota Solo
26 Februari 2020
Online Learning vs Offline Learning
21 Februari 2022

Komentar